Nafisa, Rahmatin Warda and Aminah, Siti and Chapsah, Umi (2023) Upaya peningkatan kemampuan public speaking peserta didik melalui kegiatan pembelajaran kooperatif Jigsaw. Sendikan, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran, 1 (1). pp. 401-404.
![]() |
Text
view_usp=drive_link Download (85kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan public speaking dengan menggunakan metode kooperatif tipe Jigsaw pada peserta didik kelas IX H di SMP Negeri 1 Wajak Kabupaten Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini subjeknya adalah peserta didik yang berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, instrumen angket, dan rubrik penilaian kegiatan pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus yang meliputi empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil pembelajaran berbicara, ditandai dengan meningkatnya hasil instrumen angket peserta didik kelas IX H pada siklus I ada 32 mahasiswa dengan rata-rata (63 %), pada siklus II ada 32 mahasiswa (80%). Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan kepercayaan diri, keterampilan berkomunikasi, kemampuan public speaking peserta didik dan hasil belajar pada materi pembelahan sel.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Proceedings |
Depositing User: | LPPM UM |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 08:25 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 08:25 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/5411 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |