Upaya peningkatan kemampuan public speaking peserta didik melalui kegiatan pembelajaran kooperatif Jigsaw - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya peningkatan kemampuan public speaking peserta didik melalui kegiatan pembelajaran kooperatif Jigsaw

Nafisa, Rahmatin Warda and Aminah, Siti and Chapsah, Umi (2023) Upaya peningkatan kemampuan public speaking peserta didik melalui kegiatan pembelajaran kooperatif Jigsaw. Sendikan, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran, 1 (1). pp. 401-404.

[img] Text
view_usp=drive_link

Download (85kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan public speaking dengan menggunakan metode kooperatif tipe Jigsaw pada peserta didik kelas IX H di SMP Negeri 1 Wajak Kabupaten Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini subjeknya adalah peserta didik yang berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, instrumen angket, dan rubrik penilaian kegiatan pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus yang meliputi empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil pembelajaran berbicara, ditandai dengan meningkatnya hasil instrumen angket peserta didik kelas IX H pada siklus I ada 32 mahasiswa dengan rata-rata (63 %), pada siklus II ada 32 mahasiswa (80%). Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan kepercayaan diri, keterampilan berkomunikasi, kemampuan public speaking peserta didik dan hasil belajar pada materi pembelahan sel.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Proceedings
Depositing User: LPPM UM
Date Deposited: 09 Jan 2024 08:25
Last Modified: 09 Jan 2024 08:25
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5411

Actions (login required)

View Item View Item