Pengembangan Instrumen Asesmen Membaca Pemahaman Teks Eksplanasi Untuk Kelas V Sekolah Dasar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Instrumen Asesmen Membaca Pemahaman Teks Eksplanasi Untuk Kelas V Sekolah Dasar

sasmi, dewi (2023) Pengembangan Instrumen Asesmen Membaca Pemahaman Teks Eksplanasi Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran membaca pemahaman sangat penting untuk dilaksanakan di Sekolah Dasar (SD) kelas atas. Pelaksanaan pembelajaran membaca penting untuk diselenggarakan karena terdapat keterkaitan antara kemampuan membaca pemahaman dengan pembelajaran sehari hari yang dilaksanakan di kelas. Untuk menciptakan kondisi pembelajaran membaca pemahaman yang optimal, harus dilakukan pengukuran kemampuan siswa dalam membaca pemahaman terlebih dahulu. Hal ini dilakukan sebagai acuan untuk menciptakan pembelajaran membaca yang optimal. Oleh karenanya perlu adanya pengembangan instrumen asesmen membaca pemahaman yang memiliki kevalidan dan kelayakan serta keterbacaan yang sesuai dengan kondisi pembelajaran di kelas V SD. Berdasarkan hasil penelitian awal, diketahui belum ada instrumen asesmen membaca pemahaman yang sejalan dengan pembelajaran tematik untuk mengukur kemampuan siswa dalam membaca pemahaman di kelas V SD. Mengingat pentingnya intrumen asesmen tersebut, maka dikembangkanlah instrumen asesmen membaca pemahaman teks eksplanasi untuk kelas V SD. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan produk instrumen asesmen membaca pemahaman teks eksplanasi yang teruji validitas isi, validitas konstruk, keterbacaan, dan kepraktisannya. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian pengembangan O’Malley dan Pierce. Terdapat enam tahapan penelitian yang mengacu pada prosedur penelitian O’Malley dan Pierce dengan tahapan, (1) melakukan penyusunan tujuan asesemen, (2) melakukan penyusunan spesifikasi produk instrumen asesmen membaca pemahaman, (3) melaksanakan kajian penelitian terdahulu yang berkaitan dengan asesmen membaca pemahaman, (4) mengembangkan produk, (5) melaksanakan Uji coba produk, dan (6) melakukan revisi sesuai data yang diperoleh dari hasil uji coba produk. Data uji coba hasil pengembangan produk pada penelitian ini bersumber dari dua validator ahli, dua praktisi lapangan dan tiga belas siswa kelas V SD Negeri 4 Wonosari. Data dikumpulkan melalui kegiatan wawancara, observasi, dan penyebaran angket. Data yang terkumpul kemudian disajikan dan analisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data pada uji coba produk yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa produk yang dikembangkan memiliki kevalidan dan kelayakan isi serta kevalidan dan kelayakan konstruk, keterbacaan dan kepraktisan produk dengan masing masing perolehan skor sebagai berikut. Kelayakan isi dan konstruk dengan skor 89,5% dan memperoleh kategori “sangat layak”. Uji keterbacaan produk hasil pengembangan yang dilakukan mendapat perolehan skor 87,5% sehingga berada pada kategori “sangat layak”. Uji kelayakan aplikasi pengolah soal berbasis web memperoleh skor 89% dengan kategori “sangat layak”. Terakhir Uji kepraktisan produk yang digunakan mendapatkan perolehan skor 92% dengan kategori “sangat praktis” .

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Sep 2023 05:47
Last Modified: 25 Sep 2023 05:47
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4403

Actions (login required)

View Item View Item