Pengaruh model geographical inquiry berbantuan video terhadap kemampuan berpikir analitis geografi siswa sma / Aulia Ade Balqis Bavana Arimbi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model geographical inquiry berbantuan video terhadap kemampuan berpikir analitis geografi siswa sma / Aulia Ade Balqis Bavana Arimbi

Arimbi, Aulia Ade Balqis Bavana (2023) Pengaruh model geographical inquiry berbantuan video terhadap kemampuan berpikir analitis geografi siswa sma / Aulia Ade Balqis Bavana Arimbi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Model Geographical Inquiry berbantuan video merupakan model pembelajaran yang melatih siswa untuk aktif dalam mencari dan menganalisis fenomena atau permasalahan yang terjadi di suatu wilayah dengan bantuan media video. Pada kegiatan pembelajarannya menekankan siswa untuk melakukan pengamatan atas pertanyaan geografis kemudian mengumpulkan informasi atau data sebagai bukti hasil penyelidikan dan menganalisis fenomena yang terjadi untuk mengembangkan kemampuan berpikir analitis. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat pengaruh model Geographical Inquiry berbatuan video terhadap kemampuan berpikir analitis geografi siswa SMA. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Batu yang telah menerapkan kurikulum merdeka sehingga pada pelaksanaannya menggunakan pembelajaran berdiferensiasi 1) siswa diminta untuk mengamati video yang sudah dibagikan (Diferensiasi Konten) 2) siswa berdiskusi bersama kelompok untuk memecahkan permasalahan yang telah terjadi (Diferensiasi Proses) dan 3) siswa diminta untuk membuat dan menyajikan hasil diskusi dalam bentuk poster makalah dan power point yang telah ditentukan (Diferensiasi Produk). Metode penelitian ini yaitu eksperimen semu (Quasi-Eksperimental) dengan desain Posttest Only Control Group. Teknik analisis data memakai uji statistik parametrik menggunakan uji Independent Sample T-test. Dari hasil analisis data memperoleh nilai signifikansi sebesar 0 006 lt 0 05 serta nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi yakni sebesar 84 51 dan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata sebesar 80 69. Hasil tersebut membuktikan bahwa model Geographical Inquiry berbantuan video berpengaruh secara signifikan dan mampu dalam mengembangkan kemampuan berpikir analitis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Dec 2023 04:29
Last Modified: 25 Sep 2024 03:38
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/317092

Actions (login required)

View Item View Item