Pengembangan edukit biogeochemical cycle berbasis pjbl-steam pada materi ekosistem untuk melatihkan kemampuan berpikir kreatif siswa Kelas vii / Dina Febrianti</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan edukit biogeochemical cycle berbasis pjbl-steam pada materi ekosistem untuk melatihkan kemampuan berpikir kreatif siswa Kelas vii / Dina Febrianti</p>

Febrianti, Dina (2023) Pengembangan edukit biogeochemical cycle berbasis pjbl-steam pada materi ekosistem untuk melatihkan kemampuan berpikir kreatif siswa Kelas vii / Dina Febrianti</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran abad-21 menuntut siswa memiliki kemampuan yang inovatif dan kreatif. Dalam mendukung proses pembelajaran tersebut digunakan model pembelajaran Project Based Learning melalui pendekatan STEAM (Science Technology Engineering Arts and Mathematics). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan edukit aquascape siklus biogeokimia berbasis PjBL-STEAM yang valid praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yaitu 1) Analisis 2) Desain 3) Pengembangan 4) Implementasi 5) Evaluasi. Data kuantitatif diperoleh dari nilai yang diberikan validator hasil uji kepraktisan guru dan siswa serta hasil efektivitas melalui soal pretest dan posttest. Data kualitatif diperoleh dari wawancara guru komentar dan saran yang diberikan oleh validator maupun guru pada setiap indikator dalam instrumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kuesioner dan tes. Analisis data dilakukan menggunakan software SPSS melalui analisis persentase dan analisis deskriptif. Hasil validasi materi sebesar 100% sedangkan validasi media 94 25%. Hasil uji kepraktisan guru sebesar 98% sedangkan siswa 89%. Hasil nilai pretest dan posttest menunjukkan adanya perbedaan. Hasil rerata N-Gain pada setiap indikator yaitu dikategorikan sedang dengan hasil peningkatan tertinggi yaitu indikator elaboration dan peningkatan terendah indikator flexibility. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa edukit aquascape siklus biogeokimia berbasis PjBL-STEAM dikatakan valid praktis dan efektif untuk digunakan dalam melatihkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 May 2023 04:29
Last Modified: 27 Sep 2024 00:56
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/313152

Actions (login required)

View Item View Item