Perbedaan motivasi dan hasil belajar geografi siswa antara pembelajaran daring, hybrid, dan luring pada kelas x di sma negeri 6 malang / Laily Fitriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan motivasi dan hasil belajar geografi siswa antara pembelajaran daring, hybrid, dan luring pada kelas x di sma negeri 6 malang / Laily Fitriani

Fitriani, Laily (2023) Perbedaan motivasi dan hasil belajar geografi siswa antara pembelajaran daring, hybrid, dan luring pada kelas x di sma negeri 6 malang / Laily Fitriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji perbedaan motivasi dan hasil belajar geografi antara pembelajaran daring hybrid dan luring pada siswa kelas X SMA Negeri 6 Malang. Penelitian ini dilakukan selama pandemi COVID-19 pada semester 1 tahun ajaran 2021/2022. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif komparatif dengan metode survei. Populasi penelitian adalah siswa kelas 10 pada mata pelajaran geografi. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus Slovin. Data motivasi diperoleh melalui angket yang dibuat berdasarkan teori-teori motivasi sedangkan hasil belajar diperoleh dari ulangan harian siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan baik dalam motivasi maupun hasil belajar geografi antara ketiga metode pembelajaran. Pembelajaran luring memberikan hasil belajar yang paling tinggi diikuti oleh pembelajaran hybrid dan pembelajaran daring memiliki hasil belajar terendah. Analisis data dilakukan menggunakan uji statistik non-parametrik Kruskal-Wallis. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya pengembangan strategi pembelajaran yang memperhatikan perbedaan dalam motivasi dan hasil belajar siswa. Pembelajaran luring dan hybrid dapat menjadi alternatif yang lebih efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar geografi. Dalam konteks pembelajaran daring perlu adanya peningkatan interaksi sosial dan dukungan teknis yang memadai. Integrasi teknologi dalam pembelajaran hybrid dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Kesimpulannya pembelajaran luring menghasilkan motivasi dan hasil belajar geografi yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran hybrid dan daring. Rekomendasi dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan penggunaan pembelajaran luring dan pengembangan strategi pembelajaran hybrid. Perlu juga memperhatikan kendala teknis dalam pembelajaran daring dan memberikan pelatihan yang diperlukan bagi guru. Penelitian ini memberikan sumbangan penting dalam pengembangan pembelajaran geografi yang efektif dan relevan dengan konteks pembelajaran saat ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:29
Last Modified: 27 Sep 2024 07:30
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304108

Actions (login required)

View Item View Item