Choirunnisa, Choirunnisa (2023) Pengaruh model problem based learning pada mata pelajaran Geografi terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari motivasi belajar siswa / Choirunnisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model PBL pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan rancangan posttest-only control group. Siswa kelas XI jurusan IPS di SMAN 10 Malang sebagai subjek penelitian ini. Sampel penelitian terdiri dari 72 siswa dengan kemampuan yang setara. Penelitian ini menemukan bahwa model PBL yang digunakan dalam mata pelajaran geografi berpengaruh pada seluruh indikator kemampuan berpikir kritis. Selain itu model PBL serta motivasi belajar berpengaruh pada kemampuan siswa dalam berpikir kritis. Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan penerapan model PBL kemampuan siswa dalam berpikir kritis lebih unggul daripada pembelajaran konvensional pada ketiga kategori motivasi belajar. Penelitian ini menarik kesimpulan bahwa model PBL pada mata pelajaran geografi berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis. Motivasi belajar berperan mengoptimalkan penggunaan PBL dalam mempengaruhi kemampuan siswa berpikir kritis. Maka dari itu model PBL dapat menjadi pertimbangan bagi guru untuk membangun kemampuan siswa dalam berpikir kritis dengan memperhatikan motivasi belajar yang dinamis pada pelajaran geografi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 May 2023 04:29 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 01:26 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/290572 |
Actions (login required)
View Item |