PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STRAY TWO STAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL - Repositori Universitas Negeri Malang

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STRAY TWO STAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Purba, Desistella (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STRAY TWO STAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa kelas VIII-C SMP Negeri 1 Dau masih mengalami kesulitan dalam memahami soal cerita SPLDV dan mengubahnya menjadi model matematikanya. Siswa juga tidak berani bertanya terkait permasalahan matematika yang diberikan guru dan lebih memilih memberitahukan pendapat atau pertanyaannya kepada teman yang ada disampingnya. Permasalahan lainnya adalah apabila proses pembelajaran diatur secara berkelompok, hanya sebagian siswa saja yang mengerjakan tugas kelompok. Untuk mengatasi kondisi tersebut perlu adanya pengelolaan kelas dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif. Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar siswa kelas VIII-C SMP Negeri 1 Dau dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pada penerapannya, model pembelajaran ini menggunakan mekanisme dua orang stay di kelompoknya dan dua orang lainnya stray ke kelompok lain. Siswa yang staydi kelompoknya bertugas memberikan hasil diskusi kelompoknya kepada siswa yang bertamu, sedangkan siswa yang stray bertugas mencari dan menggaliinformasi atau materi dari kelompok yang dikunjunginya. Dengan demikian, melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: TWO STRAY TWO STAY, KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS, HASIL BELAJAR, SPLDV.
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 03 Apr 2023 01:49
Last Modified: 03 Apr 2023 01:49
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2788

Actions (login required)

View Item View Item