Ivanov, Brian Sandi (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Discord Terhadap Collaboration Skill Mata Pelajaran Sistem Keamanan Jaringan Siswa Kompetensi Keahlian TKJ. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Konsep 4C (Collaboration, Creativity, Communication dan CriticalThinking) menjadi hal yang penting dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah, terlebih kemampuan collaborationdimana siswa harus bisa saling membantu pekerjaan dalam kelompok. Pembelajaran daring juga sudah menjadi metode yang sering digunakan. Guna meningkatkan hasil belajar terkait collaborationskill diperlukan model yang pas supaya siswa tidak merasa jenuh serta hasil belajar meningkat. Dikarenakan permasalahan tersebut maka diperlukan alternatif model saat pembelajaran berlangsung. Model alternatif diharapkan menarik bagi siswa saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Pembelajaran dengan implementasi model jigsawyang membuat siswa berkolaborasi dengan kelompok berbeda dengan bantuan aplikasi Discord menjadi alternatif yang bisa diterapkan pada sekolah. Penelitian dilaksanakan memakai konsep riset quasi eksperimen dengan tipe nonequivalent controlgroupdesign untuk meneliti perbedaan implementasi antara bentuk kegiatan belajar mengajar jenis jigsawberbantuanDiscorddengan model problem-basedlearningterhadap collaborationskillsiswa TKJ. Populasi penelitian yaitu kelas XI SIJA A sebagai kelas eksperimen dan kelas XI SIJA B sebagai kelas kontrol. Data penelitian yang akan dikumpulkan menggunakan lembar observasi serta untuk mengetahui collaborationskillakan diambil dari hasil kuesioner angket dan pretest-posttest. Hasil penelitian yang dijabarkan diketahui terdapat pengaruh yang lebih signifikan kepada kelas eksperimen. Hasil belajar ini juga didapatkan nilai signifikansi dari perbandingan kedua kelas yaitu 0,006 yang nilainya lebih rendah dari 0,05 maka data dapat dianggap berpengaruh signifikan. Hasil dari penelitian menjelaskan bahwa kelas eksperimen pengaruh yang lebih signifikan pada hasil pembelajaran kelas untuk meningkatkan collaborationskill. Pada hasil pre-test diketahui pemahaman materi dari kedua kelas tidak terlalu jauh, kemudian diujikan nilai signifikansi dari hasil post-testdimana kelas eksperimen lebih berpengaruh dari hasil belajar. Kuesioner yang diberikan juga mendapatkan hasil dimana penggunaan model pembelajaran jigsaw dapat diterima oleh kelas eksperimen.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model kooperatif tipe jigsaw, Discord, collaborationskill |
Subjects: | L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 03 Apr 2023 01:36 |
Last Modified: | 03 Apr 2023 01:36 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2728 |
Actions (login required)
View Item |