Penerapan pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang sisi datar / Rohatin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang sisi datar / Rohatin

Rohatin, Rohatin (2022) Penerapan pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang sisi datar / Rohatin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan observasi di kelas VIII-B pada salah satu sekolah yang ada di Malang diperoleh hasil bahwa pemahaman konsep siswa pada materi prasyarat bangun ruang sisi datar yaitu materi bangun datar masih kurang. Pernyataan tersebut didasarkan pada hasil tes pra siklus yang memperlihatkan rata-rata kelas 58 5 dan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 26 67%. Tujuan penelitian ini ialah untuk menyelidiki pengaruh dari pembelajaran discovery learning pada pemahaman konsep siswa dan mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pembelajaran discovery learning yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian dilakukan di salah satu sekolah yang ada di Malang dengan subjek penelitian 30 siswa kelas VIII-B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran discovery learning pada materi bangun ruang sisi datar pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan. Hal tersebut terlihat dari hasil tes siswa rata-rata kelas pada siklus 1 sejumlah 69 5 kemudian meningkat hingga 78 83 pada siklus 2 dan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 sejumlah 56 67% dan pada siklus 2 meningkat hingga 73 33%. Langkah-langkah pembelajaran discovery learning dalam penelitian ini yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa yaitu stimulasi (guru menyampaikan materi secara singkat) identifikasi masalah (siswa mengidentifikasi masalah dan merumuskan hipotesis) pengumpulan data (siswa mengumpulkan informasi) pengolahan data (siswa mengolah informasi yang diperoleh) pembuktian (membuktikan kebenaran dari hipotesis) dan penarikan kesimpulan (guru memberikan kesimpulan).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:29
Last Modified: 11 Jan 2023 07:47
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268033

Actions (login required)

View Item View Item