Perbedaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa materi gaya di Kelas IV SDN Bandungrejosari 3 Malang / Flanikova Amalda - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa materi gaya di Kelas IV SDN Bandungrejosari 3 Malang / Flanikova Amalda

Amalda, Flanikova (2022) Perbedaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa materi gaya di Kelas IV SDN Bandungrejosari 3 Malang / Flanikova Amalda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui perbedaan secara signifikan mengenai hasil belajar yang menerapkan model inkuiri terbimbing dengan model berbasis masalah dan bertujuan untuk mengetahui penerapan model mana yang tepat untuk siswa sekolah dasar pada muatan IPA khususnya materi gaya. Penelitian menggunakan penelitian eksperimen yang menggunakan pendekatan kuantitatif serta dalam bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang dipergunakan yaitu siswa kelas IV SDN Bandungrejosari 3 Malang sebanyak 50 siswa. Berdasarkan analisis data dengan Independent Sample T-test terhadap nilai post-test didapatkan nilai sig. yaitu 0 034. Dengan kriteria pengujian yang sesuai maka didapatkan kesimpulan bahwa perbedaan model inkuiri terbimbing dengan model berbasis masalah berbeda secara signifikan pada hasil belajar siswa muatan IPA tentang gaya pada kelas IV SDN Bandungrejosari 3 Malang dengan rata-rata nilai siswa di kelas eksperimen 1 yang lebih unggul. Sesuai analisis data disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing dianggap lebih baik jika diterapkan pada kegiatan belajar mengajar khususnya pada muatan IPA materi gaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Aug 2022 04:29
Last Modified: 10 Jan 2023 08:44
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266634

Actions (login required)

View Item View Item