Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajarsiswa Pada Muatan Pelajaran PPKn Di Kelas IV SDN Pisang Candi 1 Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajarsiswa Pada Muatan Pelajaran PPKn Di Kelas IV SDN Pisang Candi 1 Malang

Hermi, Apriana (2022) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajarsiswa Pada Muatan Pelajaran PPKn Di Kelas IV SDN Pisang Candi 1 Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis siswa PKn kelas IV SDN Pisang Candi 1 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu dengan menggunakan desain pretest-posttestcontrol group design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IVA dengan 27 siswa sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan Model Problem Based Learning dan 27 siswa sebagai kelas kontrol dengan metode konvensional. Instrumen yang dilakukan berupa tes formatif dengan 20 soal yang mengacu pada indikator Keterampilan Berpikir Kritis pada mata pelajaran PKn. Teknik analisis menggunakan uji t dengan software SPSS 23.0 for windows. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 atau lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima yang artinya model Problem Based Learning berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV SDN PisangCandi 1 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 14 Nov 2022 08:34
Last Modified: 14 Nov 2022 08:34
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2598

Actions (login required)

View Item View Item