Penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas viii SMPN 23 Malang pada materi bangun ruang sisi datar / Rizky Wahyu Nur Fadhilah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas viii SMPN 23 Malang pada materi bangun ruang sisi datar / Rizky Wahyu Nur Fadhilah

Fadhilah, Rizky Wahyu Nur (2022) Penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas viii SMPN 23 Malang pada materi bangun ruang sisi datar / Rizky Wahyu Nur Fadhilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Mendapatkan suatu pemahaman yang baik pada sebuah konsep terutama di dalam matematika bukan sesuatu yang mudah untuk kita dapatkan. Hal ini dikarenakan untuk mencapai kesuksesan terhadap pemahaman konsep matematika perlu dilakukan aktivitas belajar secara sendiri. Akan tetapi meningkatnya pemahaman konsep matematika perlu diupayakan agar siswa dapat mendapatkan keberhasilan dalam proses belajarnya. Saat ini ternyata siswa masih banyak yang belum dapat mengetahui bagaimana konsep-konsep matematika secara baik dan benar. Hal ini disebabkan kebanyakan konsep pada matematika yaitu konsep abstrak dan akan sangat sulit untuk di pahami akan para siswa sehingga itu sangat di perlukannya kemampuan matematis yang mampu memberikan bantuan terhadap para siswa agar memahami konsep matematika sangat mudah. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa serta mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi ldquo Bangun Ruang Sisi Datar rdquo . Penelitian kali ini memakai metode PTK adapun subyek yang ada pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-2 tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 31 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Tahap pada penelitian ini terdiri akan 4 tahap yakni (1) perencanaa (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi dan (4) tindakan. Dari hasil analisis data yang didapatkan diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran PBL mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa terkait materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII-2 SMPN 23 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2022 04:29
Last Modified: 28 Dec 2022 08:40
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/258833

Actions (login required)

View Item View Item