Aini, Hesti Putri Nur (2022) Analisis muatan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran daring tematik kelas I di SDN 2 Bantur Kabupaten Malang / Hesti Putri Nur Aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan nilai karakter di sekolah dasar dilakukan dengan pengintegrasian nilai karakter dalam pembelajaran tematik. Sesuai dengan Kemendikbud (2017) nilai karakter yang diintegrasikan dalam pembelajaran yaitu lima nilai utama Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Sebagai sebuah lembaga pendidikan sekolah diharapkan dapat mengintegrasikan pendidikan nilai karakter melalui berbagai kegiatan meskipun dihadapkan dalam kondisi pembelajaran dalam jaringan akibat pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan muatan nilai-nilai karakter yang tampak dalam tahapan pembelajaran daring tematik mulai dari perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi wawancara dan dokumentasi. Sumber data berasal dari guru siswa orang tua/wali dan buku kerja siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran sesuai dengan tahap pembelajaran mulai dari perencanaan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran daring tematik dengan memuat lima nilai utama Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) mulai dari nilai religius nasionalis mandiri gotong royong dan integritas. Setelah melaksanakan pembelajaran daring tematik juga ditunjukkan perilaku sesuai dengan ajaran pendidikan karakter yang diamati melalui wawancara bersama guru kelas dan orang tua/wali siswa serta perilaku dalam grub whatsapp selama pembelajaran dalam jaringan seperti disiplin mematuhi aturan dan mau melaksanakan kewajiban sebagai seorang siswa. Berdasarkan temuan penelitian di atas peneliti menyarankan terkait penambahan kegiatan pada setiap tahap pembelajaran dalam jaringan yang memungkinkan dilakukan di rumah dengan memuat lebih banyak sub nilai karakter. Guru perlu melakukan pertimbangan dalam merencanakan langkah kegiatan dengan cara melakukan diskusi atau pengamatan bersama orang tua/wali siswa agar tujuan pembelajaran mudah tercapai. Selain itu guru harus lebih sering melakukan rapat terbatas guna pengawasan terhadap perilaku siswa selama di rumah untuk mempermudah perbaikan terhadap langkah-langkah yang perlu dilakukan pada pembelajaran selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Mar 2022 04:29 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 04:32 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/200113 |
Actions (login required)
View Item |