Zakaria, Abdani (2021) Pengaruh ulasan pelanggan online terhadap keputusan pembelian melalui kesadaran merek (studi pada konsumen produk elektronik di Kota Malang yang menggunakan aplikasi shopee) / Abdani Zakaria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Zakaria A. 2021. Pengaruh Ulasan pelanggan Online terhadap Keputusan Pembelian melalui Kesadaran Merek-Studi pada Konsumen Produk Elektronik di Kota Malang Yang Menggunakan Aplikasi Shopee. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitan Negeri Malang. Pembimbing Dr. Aniek Indrawati S.Si. M.M Kata Kunci Ulasan Pelangan Online Keputusan Pembelian Kesadaran Merek Penggunaaan internet memudahkan pelaku ekonomi untuk melaksanakan kegiatan ekonomi seperti proses menjual dan membeli sudah bisa melalui sistem online. Hal tersebut tentunya merubah perilaku konsumen yang awalnya mereka mencari kebutuhan dengan mendatangi langsung toko penjual untuk melihat langsung kondisi produk. Sekarang mereka dapat melakukan pembelian secara online tanpa harus mendatangi toko yakni melalui aplikasi belanja online. Dalam berbelanja online konsumen mempertimbangkan aspek aspek yang perlu diperhatikan untuk memutuskan suatu pembelian. Tujuan penelitian ini pada dasarnya untuk mengetahui (1) Deskripsi Ulasan Pelanggan Online Keputusan Pembelian Kesadaran Merek (2) Apakah terdapat pengaruh Ulasan Pelanggan Online terhadap Keputusan Pembelian (3) Apakah terdapat pengaruh Ulasan Pelanggan Online terhadap Kesadaran merek (4) Apakah terdapat pengaruh Kesadaran Merek terhadap Keputusan Pembelian (5) Apakah terdapat pengaruh Ulasan Pelanggan Online terhadap Keputusan Pembelian melalui Kesadaran Merek. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini merupakan konsumen produk elektronik marketplace Shopee di Kota Malang yang pernah dan terakhir kali melakukan pembelian produk elektronik melalui aplikasi Shopee jumlah sampel yang didapatkan sebanyak 152 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ulasan Pelanggan Online pada konsumen produk elektronik marketplace Shopee tergolong Sangat Baik. Sedangkan Keputusan Pembelian Kesadaran Merek pada konsumen produk elektronik marketplace Shopee tergolong Baik (2) Ulasan Pelanggan Online berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (3) Ulasan Pelanggan Online berpengaruh positifdans signifikan terhadap Kesadaran Merek (4) Kesadaran Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (5) Ulasan Pelanggan Online berpengaruh secara langsung terhadap Keputusan Pembelian melalui Kesadaran Merek. Saran dari peneliti untuk pihak penjual produk elektronik marketplace Shopee sebaiknya penjual mempertahankan brand awareness produk yang sudah baik. Penjual harus terus menciptakan inovasi-inovasi untuk membuat produk elektronik unggul dibandingkan dengan merek lain dan tetap menjadi merek pertama yang dicari konsumen ketika akan melakukan pembelian. Serta meningkatkan kualitas produk agar terciptanya ulasan pelanggan yang baik yang akan dijadikan calon konsumen baru sebagai pertimbangan untuk melakukan keputusan pembelian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Mar 2021 04:29 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 07:17 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/199311 |
Actions (login required)
View Item |