analisis model pembelajaran ips berbasis online tema 8 kelas vi di sdn pagu 1 kabupaten kediri / via dita nanda - Repositori Universitas Negeri Malang

analisis model pembelajaran ips berbasis online tema 8 kelas vi di sdn pagu 1 kabupaten kediri / via dita nanda

Via Dita Nanda (2021) analisis model pembelajaran ips berbasis online tema 8 kelas vi di sdn pagu 1 kabupaten kediri / via dita nanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran dikelas VI pada masa pandemi menggunakan RPP versi daring. Peneliti ingin memperoleh hasil bagaimana guru membuat RPP versi daring dan bagaimana guru mengajar siswa dalam pelaksanaan proses pembelajaran berbasis online melalui WhatsApp. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana model pembelajaran (RPP) dan proses pembelajaran IPS berbasis online tema 8 kelas VI di SDN Pagu 1 kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengambilan data menggunakan pedoman wawancara lembar observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan guru kelas VI secara terstruktur untuk mendapatkan data-data atau informasi mengenai pembelajaran IPS yang dilaksanakan pada kelas VI secara online. Dokumentasi di peroleh dari guru berupa arsip data dan dokumen lain yang mendukung penelitian serta dokumentasi berupa bukti screenshot dan foto saat melakukan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa RPP versi daring yang digunakan guru dalam proses pembelajaran sudah sesuai dengan Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP tersebut masuk kategori sangat baik dengan nilai hasil analisis dari ketiga RPP tersebut rata-rata 100. Proses pembelajaran yang dilaksanakan pada pembelajaran IPS berbasis online tema 8 pada kelas VI melalui WhatsApp menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan sudah sesuai dengan RPP yaitu terdapat kegiatan pendahuluan kegiatan inti dan penutup. Proses pembelajaran tetap memberikan pembelajaran yang efektif serta memudahkan siswa. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa dalam era pandemi Covid-19 guru dalam belajar berorientasi pada RPP. RPP dibuat sebagai pegangan dalam proses pelaksanaan pembelajaran secara online agar memudahkan guru dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:29
Last Modified: 15 Dec 2022 06:46
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140747

Actions (login required)

View Item View Item