Aditya, Shafa Zahra Aditya (2023) Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa: hots (higher order thinking skill) pasca pembelajaran berbasis aspa (analisis sketsa pembelajaran anderson) pada materi termokimia kelas xi di man 1 kota malang. / Shafa Zahra Aditya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berpikir tingkat tinggi diperlukan untuk melakukan transfer pemahaman sains dengan berbagai analisis penilaian evaluasi rekonstruksi pengambilan keputusan yang mengarah pada tindakan yang rasional dan logis termasuk dalam kimia. Termokimia merupakan materi yang menuntut keterampilan analisis logis kritis dan kreatif yang termasuk ke dalam kemampuan berpikir tingkat tinggi. Pengembangan kemampuan berpikit tingkat tinggi (HOTS) dapat dicapai dalam proses pembelajaran literasi maupun penyusunan soal berbasis HOTS. Salah satu pembelajaran yang mengakomodasi HOTS adalah ASPA. Penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis ASPA terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa khususnya pada materi termokimia. Penelitian ini melibatkan 62 peserta didik MAN 1 Kota Malang yang terdiri dari kelas XI MIPA 4 sebagai Kelas eksperimen dengan menggunakan pembelajaran berbasis ASPA dan Kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan khusus (convenient class). Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen kuasi dengan desain penelitian posttest only control group design. Teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik berupa uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas dan analisis uji t yang digunakan untuk mengidentifikasi perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan HOTS siswa. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan pembelajaran berbasis ASPA memberikan pengaruh yang positif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Dari hasil perhitungan uji independent sample t-test terlihat adanya perbedaan yang signifikan antara kemampuan siswa Kelas kontrol dan Kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan siswa memiliki kemampuan HOTS pada sub-materi 1) Perubahan Energi dalam Reaksi Kimia sebesar 81% pada kelas eksperimen dan 74% pada kelas kontrol 2) Perubahan Entalpi sebesar 84% pada kelas eksperimen dan 73% pada kelas kontrol 3) Energi dan Kalor sebesar 74% pada kelas eksperimen dan 52% pada kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jun 2023 04:29 |
Last Modified: | 30 Nov 2023 00:21 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/286514 |
Actions (login required)
View Item |