Studi manajemen pengelolaan prasarana dan sarana kolam renang Gajayana Kota Malang / Aswin Aji Cantaka - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi manajemen pengelolaan prasarana dan sarana kolam renang Gajayana Kota Malang / Aswin Aji Cantaka

Cantaka, Aswin Aji (2019) Studi manajemen pengelolaan prasarana dan sarana kolam renang Gajayana Kota Malang / Aswin Aji Cantaka. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iii RINGKASAN Cantaka Aswin Aji. 2018. Studi Manajemen Pengelolaan Sarana dan Prasarana Kolam Renang Gajayana Kota Malang. Skripsi Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Sapto Adi M. Kes. (II) dr. Rias Gesang Kinanti M.Kes. Kata kunci manajemen sarana dan prasarana kolam renang Gajayana Kota Malang. Dalam mengelola sebuah kolam renang dibutuhkan sebuah manajemen sarana dan prasarana olahraga yang baik dan tepat. Hal ini harus memiliki empat proses fungsi manajemen (1) perencanaan (2) pengorganisasian (3) pengarahan dan (4) pengawasan. Kolam renang Gajayana Kota Malang merupakan sarana dan prasarana olahraga yang dibangun tahun 2008 .Saat ini kolam renang Gajayana Kota Malang dikelola langsung oleh UPT Gajayana dan DISPORA Kota Malang. Kolam renang Gajayana Kota Malang ini sering digunakan latihan atau hanya sekedar olahraga rekreasi oleh masyarakat se-Malang Raya. Namun pada perolehan prestasi atlet-atlet renang yang tergabung dibawah naungan PRSI Kota Malang mempunyai segenap prestasi yang meningkat. Dari hal tersebut peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana manajemen sarana dan prasarana olahraga yang ada di kolam renang Gajayana Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Proses pengumpulan data peneliti dengan cara observasi wawancara dan dokumentasi. Validitas menggunakan perpanjangan pengamatan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dari hasil penelitian yang didapatkan memaparkan bahwa (1) perencanaan (planning) manajemen kolam renang Gajayana Kota Malang membuat program setiap tahunnya untuk perawatan serta pemeliharaan sarana dan prasarana di kolam renang dengan anggaran dana yang diajukan dari kepala UPT ke kantor DISPORA Kota Malang. Pada 2019 akan dilakukan pembenahan total (2) pengorganisasian (organizing) manajemen kolam renang Gajayana Kota Malang mempunyai struktur yang baik. Mulai dari pembagian tugas yang disesuaikan dengan masing-masing keahlian (3) pengarahan di kolam renang Gajayana Kota Malang bersifat pengarahan perawatan yang sudah ditentukan oleh kepala UPT dan staff UPT Gajayana Kota Malang (4) pengawasan (controlling) pada manajemen kolam renang Gajayana Kota Malang pada setiap akhir tahunnya diadakan pengawasan melalui koordinator kolam renang. Bahkan juga pengawasan yang diadakan selama periodik misal per bulan sekali. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan peneliti saran yang dapat ditambahkan yaitu (1) bagi pihak pengelola agar dapat lebih meningkatkan dari segi pengawasan baik dalam perawatan maupun penjagaan sarana dan prasarana bagi setiap masing-masing sektor (2) untuk pengguna sarana dan prasarana kolam renang agar ikut menjaga dan melaporkan jika terjadi kerusakan atau kekurangan yang ditemukan di kolam renang (3) bagi peneliti yang akan datang penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk melakukan penelitian selanjutnya yang serupa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99449

Actions (login required)

View Item View Item