Kurniawan, Febrianto Heri (2017) Gambaran perilaku jajan dan aktivitas fisik pada siswa sekolah dasar di SDN Oro-oro Ombo 02 Kota batu / Febrianto Heri Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kurniawan Febrianto Heri. 2017. Gambaran Perilaku Jajan dan Aktivitas Fisik Pada Siswa Sekolah di SDN Oro-oro Ombo 02 Kota Batu. Skripsi Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Saichudin M.Kes (II) Dra. Desiana Merawati M.S. Kata Kunci Perilaku Jajan Aktivitas Fisik Status Gizi Usia sekolah dasar merupakan salah satu kelompok usia yang memerlukan perhatian khusus dari orang tua dan masyarakat terutama dalam asupan gizi. Pada masa usia sekolah anak mengalami masa pertumbuhan tumbuh kembang anak usia sekolah tergantung pada kualitas dan kuantitas nutrisi. Keadaan fisik anak berdasarkan makanan yang dikonsumsi dikatakan status gizi. Status gizi anak dapat dipengaruhi oleh tingkat konsumsi jajanan dan aktifitas fisik. Perilaku jajan anak tergantung dari lingkungan sehari-hari di mana anak tersebut bebas melakukan aktifitas seperti ketika berada di sekolah dan karena pengaruh teman sebaya hingga keberedaan jajanan yang ada. Secara tidak langsung keadaan tersebut akan dapat membentuk perilaku jajan sembarangan. Apabila pada masa pertumbuhan tingkat konsumsi jajanan tidak terkontrol hingga melebihi fungsi makanan pokok dan tidak terkontrol dengan benar akan dapat menyebabkan malnutrisi. Tujuan pelitian ini adalah untuk (1) mengetahui perilaku jajan siswa kelas 4 5 dan 6 di SDN Oro-Oro Ombo 02 Kota Batu (2) mengetahui aktifitas fisik siswa kelas 4 5 dan 6 di SDN Oro-Oro Ombo 02 Kota Batu (3) mengetahui status gizi siswa kelas 4 5 dan 6 di SDN Oro-Oro Ombo 02 Kota Batu (4) menganalisa perilaku jajan dan aktivitas fisik pada siswa kelas 4 5 dan 6 di SDN Oro-Oro Ombo 02 Kota Batu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif yang bersifat metode surve. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner dan wawancara. Populasi dalam pengambilan data ini yaitu sebagian siswa yang duduk di kelas 4 5 dan 6 Sekolah Dasar Negeri Oro-Oro Ombo 02 Kota Batu Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified random samplingmenggunakan lotre. Intrumen penelitian yaitu lembar observasi angket timbangan injak dan mikrotoise staturmeter. Hasil penelitian berdasarkan data yang diperoleh peneliti dapat menyimpulkan bahwa dari 45 siswaSD Siswa Kelas 4 5 dan 6 di SDN Oro-Oro Ombo 02 Kota Batu dengan (1) perilaku jajan baik dengan jumlah 20 anak dengan presentase 44 4% klasifikasi kurang dengan jumlah 19 anak dengan presentase 42 2% klasifikasi kelebihan dengan jumlah 6 anak dengan prosentase 13 3%. (2) Sedangkan anak dengan Aktivitas fisik klasifikasi aktivitas fisik ringan dengan jumlah 35 anak dengan presentase 77 7% klasifikasi aktifitas fisik sedang dengan jumlah 10 anak dengan presentase 22 2%. (3) Untuk status gizi siswa didapat data dengan Status gizi berdasarkan IMT normal dengan jumlah 16 anak dengan presentase 35 6% kurus dengan jumlah 22 anak dengan presentase 48 9% gemuk dengan jumlah 5 anak dengan presentase 11 1% obesitas dengan jumlah 2 anak dengan presentase 4 4%. ABSTRACT Kurniawan Febrianto Heri. 2017. Description of Snacking Behavior and Physical Activity Behavior at School Students at SDN Oro-oroOmbo 02 Batu. Thesis Department of Sport Science Faculty of Sport Science State University of Malang. Supervisor (I) Dr. Saichudin M.Kes (II) Dra. DesianaMerawati M.S. Keywords Snacking Behavior Physical Activity Nutritional Status Primary school age is one of the agethat require special attention from parents and the community especially in nutritional intake. In school age children are in growth period the growth of school-age children depends on the quality and quantity of nutrients. The physical state of the child based on the food consumed is said to be the nutritional status.The nutritional status of children can be affected by the level of snack consumption and physical activity. Child snack behavior depends on the daily environment in which the child is free to do activities such as when in school and because of the influence of peers to the different snacks that exist. Indirectly these circumstances will be able to form the behavior of indiscriminate snack. If in the period of growth of uncontrolled snack consumption level to exceed the function of staple food and not controlled properly will be able to cause malnutrition. The purpose of this study are to (1) know the behavior of students at grade 4 and 6 in SDN Oro-Oro Ombo 02Batu (2) to know the physical activity of grade 4 and 6 students in SDN Oro-Oro Ombo 02Batu (3) to know the nutritional status of grade 4 and 6 students in SDN Oro-Oro Ombo 02Batu (4) analyzing the behavior of snack and physical activity in grade 4 and 6 students in SDN Oro-Oro Ombo 02Batu. This research was conducted by using descriptive qualitative research design which is used method of survey.The data were collected by using questionnaires and interviews. The populationsinthis data collection are some of the students who are in 4th 5th and 6th grade of Elementary School Oro-Oro Ombo 02Batu. The sampling technique used is stratified random sampling using lottery.The research instruments were observation sheet questionnaire scales and stature meter. Based on the data obtained the researcher can conclude that from 45 elementary students of Grade 4 and 6 students in SDN Oro-Oro Ombo 02 Batu with (1) good snack behavior with 20 children with percentage 44 4% classification less with amount 19 children with 42 2% percentage excess classification with amount of 6 children with percentage 13 3%. (2) In the other hand children with physical activity classification of mild physical activity with 35 children with percentage of 77.7% classification of moderate physical activity with the number of 10 children with a percentage of 22.2%. (3) The nutritional status of the students was obtained with normal nutritional status based on normal BMI with 16 children with 35 6% percentage thin with 22 children with percentage 48 9% fat with 5 children with 11 1% percentage obesity with amount 2 children with a percentage of 4.4%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/99358 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |