Riduwan, Moch. Toriq (2016) Teknik penggarapan penghayatan peran aktor oleh sutradara Leo Zainy dalam pentas opera Ant Smooth / Moch. Toriq Riduwan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Riduwan Moch. Toriq. 2016. Teknik Penggarapan Penghayatan Peran Aktor oleh Sutradara Leo Zainy dalam Pentas Opera Ant Smooth. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Roekhan M.Pd Kata kunci teknik penggarapan penghayatan peran aktor sutradara Leo Zainy pentas Opera Ant Smooth. Penelitian ini adalah penelitian yang bersubjek pada sutradara Leo Zainy dan difokuskan untuk mendeskripsikan teknik yang ia gunakan dalam penggarapan penghayatan peran aktor pentas Opera Ant Smooth. Tahapan teknik yang ia gunakan tersebut meliputi analisis karakter observasi interpretasi dan pelaksanaan pemeranan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berusaha memaparkan teknik penggarapan penghayatan peran aktor oleh Leo Zainy dalam pentas lakon Opera Ant Smooth.Muhammad Zaeni atau yang lebih akrab disapa dengan nama panggung Leo Zainy merupakan sosok sutradara yang selalu menyuguhkan pementasan dengan berhasil dengan kualitas penggarapan aktor yang matang.Data penelitian ini adalah transkrip hasil wawancara transkrip catatan latihan tayangan audio visual gambar visual terkait informasi kegiatan pelatihan penggarapan penghayatan peran yang dilakukan oleh Leo Zainyterhadap aktor pentas Opera Ant Smooth.Sumber data dalam penelitian ini adalah sutradara Leo Zainy sebagai narasumber utama dan dokumentasi proses kreatif antara lainfile rekaman video latihan file foto latihan dan catatan latihan. Prosedur pengumpulan data adalah melakukan wawancara secara terbuka terhadap sutradaraLeo Zainy berburu foto berburu video dan berburu catatan lapangan selama proses kreatif berlangsung observasi lapangan dari pengalaman penulis sebagai salah satu aktor dan kajian pustaka. Analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data kodifikasi klasifikasi interpretasi dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan beberapa poin dalam empat tahapan penggarapan penghayatan peran sutradara Leo Zainy (analisis karakter observasi interpretasi dan pelaksanaan pemeranan) yang telah dirumuskan.Pada tahap analisis karakter Leo Zainy mengkondisikan para aktor untuk melakukan reading sharing dan casting. Pada observasi terdapat tiga tahap yakni observasi langsung observasi tak langsung dan latihan transformasi. Pada tahap interpretasi Leo Zainy mengkondisikan para aktor untuk melakukan latihan perpaduan atau asimilasi. Hingga pada akhirnya Leo Zainy mengkondisikan para aktor untuk melaksanakan pemeranan dengan melalui tahapan menghapal naskah stop and go top-tail run-through dan latihan teknik panggung. Penelitian ini merupakan kajian terhadap teknik penggarapan penghayatan peran yang dilakukan sutradara kepada aktornya. Oleh karena itu kepada para sutradara dan calon sutradara yang hendak mengadakan proses pertunjukan dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai acuan berproses kreatif khususnya pada aspek penggarapan penghayatan peran aktor. Begitu pula kepada para aktor dapat menerapkan hasil penelitian ini sebagai acuan mempersiapkan diri dan melatihkan peranan yang akan dimainkan. Kepada peneliti lanjutan penelitian ini dapat dijadikan rujukan dalam mengembangkan atau menemukan gagasan baru pada objek yang sama karena tidak menutup kemungkinan masih banyak hal-hal yang harus dikembangkan pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PIN Indonesian Literature |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Dec 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9918 |
Actions (login required)
View Item |