Klasifikasi status gizi balita dengan antropometri menggunakan K-Nearest Neighbor / Nur Amelia Maulidia - Repositori Universitas Negeri Malang

Klasifikasi status gizi balita dengan antropometri menggunakan K-Nearest Neighbor / Nur Amelia Maulidia

Maulidia, Nur Amelia (2019) Klasifikasi status gizi balita dengan antropometri menggunakan K-Nearest Neighbor / Nur Amelia Maulidia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maulidia Nur Amelia. 2019. Klasifikasi Status Gizi Balita dengan Antropometri Menggunakan MetodeK-Nearest Neighbor. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Siti Sendari S.T. M.T (II) Triyanna Widiyaningtyas S.T. M.T. Kata kunci status gizi antropometri k-nearest neighbor. Salah satu indikator kesehatan anak adalah status gizi. Agar gizi balita dapat diketahui maka perlu dilakukan pemantauan status gizi. Pemantauan status gizi merupakan salah satu cara untuk mengetahui pertumbuhan balita pemantauanstatus gizi tersebut dapat menggunakan perhitungan Antropometri.Perhitungan Antropometri adalah metode perhitungan status gizi yang dilakukan untuk mengetahui ukuran fisik dengan menggunakan alat ukur tertentu. Perhitungan Antropometri menggunakan 3 indeks penilaian yaitu berat badan menurut umur (BB/U) tinggi badan menurut umur (TB/U) dan berat badan menurut tinggi badan (BB/TB). Berdasarkan hasil survey pada posyandu Kelurahan Jodipan diketahui bahwa posyandu di daerah tersebut masih belum memantau status gizi balita berdasarkan 3 indeks Antropometri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengelompokkan status gizi balita berdasarkan 3 indeks Antropometri dengan menggunakan metode atau algoritmak-nearest neighbor.Setelah dilakukan pengelompokkan maka hasil status gizi tersebut perlu diuji untuk mengetahui kinerja dari algoritma yang digunakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental adapun setiap tahapnya meliputi pengumpulan data menerapkan model metode atau algortima yang digunakan tahap pengujian dan tahap evaluasi agar kesesuaian antara hasil perhitungan Antropometri dengan hasil dari algoritma yang digunakan dapat diketahui. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa klasifikasi status gizi balita berdasarkan 3 indeks Antropometri menggunkan metode k-nearest neighbor memiliki akurasi yang berbeda nilai k tertinggi pada indeks BB/U adalah k 1 k 3 k 5 k 7 dan k 9 akurasinya sebesar 89 23%. Akurasi terendah berada pada nilai k 15 yaitu sebesar 88 46% lalu pada indeks BB/TB dapat diketahu performance nilai k pada indeks BB/TB yang tertinggi adalah k 1 dan k 15 akurasinya sebesar 74 23%. Akurasi terendah berada pada nilai k 3 k 5 dan k 7 yaitu sebesar 73 46%. Sedangkan pada indeks TB/U hasil dari performance nilai k pada 3 indeks Antropometri maka dapat diketahui nilai k pada indeks TB/U memiliki hasil yang sama rata akurasinya sebesar 73 46%. Hasil tersebut dievaluasi berdasarkan jumlah benar dan salah dari k-fold cross validation. MetodeK-Nearest Neighbor dapat digunakan pada permasalahan klasifikasi status gizi balita berdasarkan 3 indeks Antropometri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99028

Actions (login required)

View Item View Item