Klasifikasi status gizi balita dengan perhitungan antropometri menggunakan algoritma C4.5 / Siti Nurwakiah Barokah - Repositori Universitas Negeri Malang

Klasifikasi status gizi balita dengan perhitungan antropometri menggunakan algoritma C4.5 / Siti Nurwakiah Barokah

Barokah, Siti Nurwakiah (2019) Klasifikasi status gizi balita dengan perhitungan antropometri menggunakan algoritma C4.5 / Siti Nurwakiah Barokah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Barokah Siti Nurwakiah. 2019. Klasifikasi Status Gizi Balita Dengan Perhitungan Antropometri Menggunakan Algoritma C4.5. Skripsi Program studi S1 Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing. (I) Triyanna Widyaningtyas S.T. M.T. (II) I Made Wirawan S.T. S.S.T. M.T. Keywords Algoritma C4.5 Gizi Balita Antropometri Berdasarkan hasil penelitian Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2015 menyatakan bahwa Indonesia masih memiliki masalah gizi. Sesuai dengan standar yang ditetapkan WHO suatu wilayah dapat dikatakan tidak memiliki masalah gizi apabila prevalensi balita bertubuh pendek dan kurus kurang dari 25%. Dari hasil pemantauan status gizi yang dilakukan oleh Kemenkes RI tahun 2015 dapat diketahui bahwa status gizi balita di Indonesia pada usian 0 60 bulan masih terdapat 17 2% memiliki tubuh gemuk kurus dan sangat kurus dengan indeks BB/U. Status gizi balita usia 0 60 bulan masih terdapat 29% bertubuh pendek dan sangat pendek dengan indeks TB/U. Status gizi balita usia 0 60 bulan masih terdapat 20 4% mengalami gizi lebih kurang dan buruk. Tujuan dari penelitian ini agar dapat diketahui status gizi balita yang seimbang dengan menggunakan parameter antropometri yaitu berat badan menurut umur (BB/U) tinggi badan menurut umur (TB/U) dan berat badan menurut tinggi badan (BB/TB) sehingga akan menghasilkan status gizi yang optimal. Tahapan yang dilakukan pada penelitian ini meliputi (1) pengumpulan data yang diperoleh dari Polindes Batang-Batang Laok berupa dataset gizi balita (2) preprocessing data dilakukan untuk merubah data menta menjadi data yang berkualitas dengan transformation data (3) proses klasifikasi algoritma C4.5 dilakukan untuk pengujian data dalam klasifikasi status gizi balita dan (4) proses evaluasi hasil pengujian data menggunakan algoritma C4.5 untuk menghitung nilai acuracy precision recall dan error rate dengan confusion matrix dengan bantuan software RapidMiner Studio versi 9.0. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan dengan menggunakan algoritma C4.5 diperoleh rata-rata nilai dari accuracy sebesar 93.60% nilai precision sebesar 75.26% nilai recall sebesar 65.46% dan error rate sebesar 6.40%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa algoritma C4.5 dapat diterapkan untuk klasifikasi BB/TB pada gizi balita karena algoritma C4.5 merupakan algoritma tergolong baik dengan hasil accuracy yang tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99013

Actions (login required)

View Item View Item