Pengembangan trainer scoreboard sebagai alat bantu pembelajaran untuk pemahaman konsep pemrograman mikrokontroler pada siswa kelas XI SMK Program Keahlian Teknik Elektronika Industri / Syaiful Ulum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan trainer scoreboard sebagai alat bantu pembelajaran untuk pemahaman konsep pemrograman mikrokontroler pada siswa kelas XI SMK Program Keahlian Teknik Elektronika Industri / Syaiful Ulum

Ulum, Syaiful (2019) Pengembangan trainer scoreboard sebagai alat bantu pembelajaran untuk pemahaman konsep pemrograman mikrokontroler pada siswa kelas XI SMK Program Keahlian Teknik Elektronika Industri / Syaiful Ulum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ulum Syaiful. 2019. Pengembangan Trainer Scoreboard Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Untuk Pemahaman Konsep Pemrograman Mikrokontroler Pada Siswa Kelas XI SMK Program Keahlian Teknik Elektronika Industri. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Kata kunci media pembelajaran trainer scoreboard Pada kurikulum 2013 revisi 2017 untuk mata pelajaran Mikroprosesor dan Mikrokontroler terdapat beberapa Kompetensi Dasar yang membutuhkan trainer untuk menunjang praktikum. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di SMKN 2 Probolinggo didapatkan informasi bahwa trainer yang tersedia untuk menunjang praktikum pada mata pelajaran Mikroprosesor dan Mikrokontroler berupa trainer input dan output. Trainer tersebut belum bisa menunjang praktikum untuk Kompetensi Dasar menerapkan program aplikasi sederhana dengan mikrokontroler. Berdasarkan permasalahan diatas maka dikembangkanlah media pembelajaran berupa Trainer Scoreboard untuk menunjang praktikum pada Kompetensi Dasar menerapkan program aplikasi sederhana dengan mikrokontroler. Tujuan pengembangan dari penelitian ini adalah (1) Merancang pembuatan trainer scoreboard manual book dan jobsheet sebagai media pembelajaran mata pelajaran Mikroprosesor dan Mikrokontroler. (2) Mengembangkan produk berupa trainer scoreboard manual book dan jobsheet sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Mikroprosesor dan Mikrokontroler. (3) Menguji kelayakan produk berupa trainer scoreboard manual book dan jobsheet sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Mikroprosesor dan Mikrokontroler. (4) Mengimplementasikan produk berupa trainer scoreboard manual book dan jobsheet sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Mikroprosesor dan Mikrokontroler. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah pengembangan model Sugiyono. Model pengembangan ini terdiri dari 10 tahapan yaitu (1) Potensi dan Masalah (2) Pengumpulan Data (3) Desain Produk (4) Validasi Desain (5) Revisi Desain (6) Uji Coba Produk (7) Revisi Produk dari Uji Coba Produk (8) Uji Coba Pemakaian (9) Revisi Produk (10) Produk Akhir. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh persentase kelayakan trainer sebesar 88 56% dengan keterangan sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Untuk jobsheet diperoleh persentase kelayakan sebesar 89 71% dengan keterangan sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Untuk manual book diperoleh persentase kelayakan sebesar 89 25% dengan keterangan sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Berdasarkan data tersebut trainer scoreboard manual book dan jobsheet dinyatakan sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil uji coba pemakaian didapatkan dari nilai rata-rata post test. Nilai rata-rata post test siswa sebesar 78 75 dengan predikat B-. Berdasarkan nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa trainer scoreboard manual book dan jobsheet dinyatakan dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk memahamkan konsep pemrograman mikrokontroler kepada siswa kelas XI program keahlian Teknik Elektronika Industri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/98933

Actions (login required)

View Item View Item