Studi pengaruh sensitivitas bus terhadap load shedding pada sistem distribusi 20 KV Malang / Hiviza Al Muna - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi pengaruh sensitivitas bus terhadap load shedding pada sistem distribusi 20 KV Malang / Hiviza Al Muna

Al Muna, Hiviza (2019) Studi pengaruh sensitivitas bus terhadap load shedding pada sistem distribusi 20 KV Malang / Hiviza Al Muna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Al Muna Hiviza. 2019. Studi Pengaruh Sensitivitas Bus terhadap Load Shedding pada Sistem Distribusi 20 kV Malang. Skripi Program Studi S1 Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Aripriharta S.T. M.T. Ph.D (2) Irham Fadlika S.T. M.T. Kata Kunci Pelepasan Beban Analisis Sensitivitas Sistem Distribusi MATLAB/Simulink Stabilitas Tegangan Pelepasan beban dilakukan ketika terjadi ketidakseimbangan dalam sistem tenaga listrik. Tujuan dari pelepasan beban adalah untuk menstabilkan tegangan dan frekuensi sampai batas toleransi yang diizinkan. Hal ini didasarkan pada aturan jaringan Perusahaan Listrik Negara (PLN) 5% dan -10% dari nilai tegangan nominal 20 kV untuk sistem distribusi. Penelitian ini menunjukkan metodologi yang efisien dari pelepasan beban berbasis sensitivitas (dV / dQ). Pelepasan beban dilakukan di dalam bus yang memiliki sensitivitas tertinggi sehingga tegangannya dapat meningkat secara signifikan. Penelitian ini menggunakan data nyata dalam sistem distribusi 20 kV yaitu tegangan dan daya reaktif dengan percobaan 3 kali simulasi pada 5 Penyulang. Sensitivitas bus dan mekanisme pelepasan beban kemudian diperoleh berdasarkan hasil simulasi menggunakan MATLAB/Simulink. Setelah simulasi sensitivitas simulasi selanjutnya adalah pelepasan beban berdasarkan mekanisme yang diperoleh untuk mengamati respons tegangan. Pola pelepasan beban yang telah diperoleh direkomendasikan sebagai pola pelepasan yang tepat dan efisien dalam kembalinya stabilitas tegangan. Terbukti dengan hasil simulasi pelepasan beban sesuai pola mekanisme sensitivitas tegangan meningkat secara signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/98924

Actions (login required)

View Item View Item