Assofi, Ilham (2009) Pengembangan media catatan harian untuk pembelajaran menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Malang / Ilham Assofi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran menulis sastra khususnya menulis naskah drama sebenarnya bertujuan untuk lebih dapat mempelajari budaya bangsa serta memacu kreativitas peserta didik. Namun ada juga hal yang lebih penting yaitu pembelajaran sastra dan menulis naskah drama lebih bertujuan untuk menanamkan budi pekerti siswa melalui apresiasi terhadap karya sastra. Adapun tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mencari strategi dan yang efektif untuk pembelajaran menulis naskah drama. Dalam hal ini peneliti juga ingin menghasilkan sebuah media dan panduan pembelajaran yang nantinya dapat digunakan dalam pembelajaran menulis sastra khususnya menulis naskah drama. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Adapun hasil produk yang nantinya diperoleh adalah berupa panduan penggunaan media catatan harian yang tergambar melalui rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar kerja siswa. Dalam pengembangan ini setelah diadakan perencanaan strategi pembelajaran yang akan dijalankan peneliti melakukan rancangan penggunaan media catatan harian dalam pembelajaran menulis naskah drama. Setelah itu untuk mengetahui letak kesalahan dalam penggunaan catatan harian ini peneliti melakukan uji lapangan yaitu terhadap siswa kelas VIII serta meminta saran dari ahli. Hasil dari uji coba lapangan adalah ternyata hasilnya sudah optimal. Hal itu karena siswa sudah mampu untuk menulis catatan harian dengan kelengkapan waktu tempat dan tokoh yang terlibat. Selain itu siswa juga sudah mampu untuk mengembangkan catatan hariannya menjadi sebuah cerita yang dapat diubah menjadi sebuah naskah drama. Dan yang terpenting adalah siswa juga sudah mampu untuk berlatih membuat naskah drama dengan perencanaan yang sudah mereka buat. Namun ada beberapa hal yang harus dievaluasi yaitu siswa belum mampu untuk menggambarkan watak tokoh melalui lakuan serta ciri-ciri sosiologis serta fisiknya. Siswa juga kurang mampu untuk memberi kejutan pada penyelesaian dalam cerita. Saran yang diperoleh peneliti dari ahli antara lain memperbaiki langkah-langkah pembelajaran yang sebelumnya direncanakan. Selain itu ada beberapa teori yang belum disajikan dalam pembelajaran diantaranya adalah teori tentang perbedaan karakter catatan harian dan naskah drama serta bagan hasil pengembangan catatan harian. Dan yang terakhir adalah perlu ditingkatkannya kemampuan siswa untuk membuat cerita menjadi lebih menarik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Oct 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9885 |
Actions (login required)
View Item |