Analisis kegagalan coil spring dan simulasi dengan metode Finite Element Method (FEM) / Satrio Sigit Prihadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kegagalan coil spring dan simulasi dengan metode Finite Element Method (FEM) / Satrio Sigit Prihadi

Prihadi, Satrio Sigit (2020) Analisis kegagalan coil spring dan simulasi dengan metode Finite Element Method (FEM) / Satrio Sigit Prihadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sigit Prihadi Satrio . 2019. Analisis Kegagalan Coil Spring dan Simulasi dengan Metode Finite Element Method (FEM). Skripsi. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Andoko S.T. M.T. (II) Redyarsa Dharma Bintara S.T. M.Sc. Kata Kunci Analisis Kegagalan Coil Spring Simulasi. Meningkatnya jumlah volume kendaraan setiap tahun berdampak jumlah angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Adanya kerusakan komponen dari dalam mobil juga merupakan salah satu faktor terjadinya kecelakaan. Perlunya antisipasi sedini mungkin akan terjadinya kegagalan pada suatu komponen pada kendaraan. Kegagalan yang mungkin terjadi pada komponen kendaraan adalah coil spring. Banyaknya kasus kegagalan komponen khususnya pada coil spring menjadi acuan untuk meneliti kasus kegagalan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya kegagalan komponen coil spring pada mobil minibus dengan mengetahui sifat fisik dan mekanik dari komponen tersebut melalui berbagai macam pengujian. Metode yang dipakai dalam penelitian ini terdiri dari beberapa pengujian yaitu foto makroskopik uji mikroskopik SEM EDX uji kekerasan dan simulasi dengan metode finite element method (FEM) dengan berbagai variasi untuk mengetahui distribusi tegangan yang terjadi pada daerah yang mengalami fracture. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa spesimen merupakan jenis AISI 4620 dengan kekerasan 49 05 HRC. Spesimen tersebut memiliki permukaan yang keras namun bersifat ulet pada bagian dalamnya. Hal itu terlihat dari bentuk patahan yang memiliki banyak dimple beachhmark dan adanya tegangan geser secara siklus terus menerus berbuahnya final crack selanjutnya terjadi fracture pada coil spring. Berdasarkan hasil simulasi menunjukkan bahwa distribusi tegangan yang terjadi pada komponen coil spring merata pada seluruh bagian coil spring dan nilai nilai tegangan terbesar berada didaerah dekat titik crack. Adanya kemungkinan cacat material atau crack pada titik terjadinya fracture pada coil spring yang menjadi penyebab utama kegagalan komponen tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/98843

Actions (login required)

View Item View Item