Pengaruh nilai tukar dan inflasi terhadap ekspor kopi di Indonesia tahun 2012-2016 / Gabriela Rezakarma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh nilai tukar dan inflasi terhadap ekspor kopi di Indonesia tahun 2012-2016 / Gabriela Rezakarma

Rezakarma, Gabriela (2020) Pengaruh nilai tukar dan inflasi terhadap ekspor kopi di Indonesia tahun 2012-2016 / Gabriela Rezakarma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Gabriela Rezakarma. 2020. Pengaruh Nilai Tukar Rupiah dan Inflasi terhadap Ekspor Kopi di Indonesia Tahun 2012-2016. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Dr. Dwi Wulandari S.E. M.M Kata Kunci Nilai Tukar Rupiah Inflasi dan Ekspor Kopi Indonesia merupakan Negara yang menganut sistem perekonomian terbuka hal ini berarti bahwa Indonesia melakukan kegiatan ekspor dan impor dengan pihak luar negeri yang disebut dengan perdagangan internasional untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Sektor pertanian memiliki peran penting dalam kegiatan prekonomian Indonesia dan kopi merupakan salah satu komoditas sektor pertanian. Indonesia merupakan nergara produsen kopi terbesar keempat di Dunia. Kontribusi ekspor kopi terhadap devisa Negara cukup besar. Namun pada tahun 2012-2016 ekspor kopi mengalami fluktuasi karena beberapa faktor dari dalam maupun luar negeri. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai tukar rupiah dan inflasi terhadap ekspor kopi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan alat analisis regresi linier berganda data time series dari Januari 2012 hingga Desember 2016 yang dikumpulkan dari Bank Indonesia BPS dan Kementerian Perdagangan. Temuan menunjukkan bahwa nilai tukar rupiah memiliki efek negatif yang signifikan terhadap ekspor kopi yaitu ketika nilai tukar mengalami depresiasi maka akan meningkatkan ekspor kopi. Inflasi tidak berpengaruh terhadap ekspor kopi jadi naik turunnya inflasi tidak dapat mempengaruhi ekspor kopi. dan secara simultan nilai tukar rupiah dan inflasi memiliki pengaruh signifikan terhadap ekspor kopi. Makalah ini memberikan bukti langsung tentang bagaimana nilai tukar dan inflasi mempengaruhi ekspor kopi di Indonesia pada tahun 20120-2016. Temuan ini bermanfaat bagi pembuat kebijakan produsen kopi dan eksportir kopi untuk lebih memperhatikan kondisi ekonomi makro dalam proses perdagangan internasional. Selain itu hasil dari penelitian ini memberikan rekomendasi agar nilai tukar rupiah dan inflasi di Indonesia stabil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/98772

Actions (login required)

View Item View Item