Akuntabilitas organisasi nirlaba: studi fenomenologi pada Yayasan Al Hikmah Blitar / Fifi Baiti Nurjannah - Repositori Universitas Negeri Malang

Akuntabilitas organisasi nirlaba: studi fenomenologi pada Yayasan Al Hikmah Blitar / Fifi Baiti Nurjannah

Nurjannah, Fifi Baiti (2019) Akuntabilitas organisasi nirlaba: studi fenomenologi pada Yayasan Al Hikmah Blitar / Fifi Baiti Nurjannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Nurjannah Fifi Baiti. 2019. Akuntabilitas Organisasi Nirlaba Studi fenomenologi pada Yayasan Al Hikmah di Blitar. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Dodik Juliardi S.E M.M Ak Kata Kunci Akuntabilitas Organisasi Nirlaba Sejalan dengan perkembangan masyarakat yang semakin kritis yayasan sebagai salah satu organisasi sektor publik dan nirlaba dituntut untuk melaksanakan praktek good governance yang meliputi akuntabilitas publik dan transparansi publik untuk diterapkan pada yayasan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali makna mengenai akuntabilitabilitas pada yayasan yang dianalisis berdasarkan prinsip akuntabilitas yang diterapkan pada yayasan. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian metode kualitatif melalui pendekatan fenomenologi dengan tujuan untuk memperoleh pemaknaan yang mendalam atas praktek akuntabilitas yang dilaksanakan pada yayasan yang didasarkan pada perspektif dari pengelola yayasan. Pengumpulan data pada penelitian dilakukan melalui metode wawancara observasi serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini diitemukan tiga pemaknaan oleh pengurus yayasan Al Hikmah mengenai akuntabilitas yaitu akuntabilitas sebagai bentuk pelaksanaan amanah dan tanggungjawab yang wajib dilakukan staff pengurus yayasan Al Hikmah akuntabilitas sebagai alat evaluasi dan akuntabilitas sebagai tindak lanjut pengurus yayasan untuk masa yang akan datang. Diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian pada lebih dari satu objek penelitian sehingga dapat diperoleh perspektif yang lebih luas atas pemaknaan dari prinsip akuntabilitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/98698

Actions (login required)

View Item View Item