Peningkatan kemampuan menyimak berita dengan menggunakan terapi earobics siswa kelas VII SMP Negeri 19 Malang / Desy Maria Damayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menyimak berita dengan menggunakan terapi earobics siswa kelas VII SMP Negeri 19 Malang / Desy Maria Damayanti

Damayanti, Desy Maria (2010) Peningkatan kemampuan menyimak berita dengan menggunakan terapi earobics siswa kelas VII SMP Negeri 19 Malang / Desy Maria Damayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penulis 5 ABSTRAK Damayanti Desy Maria. 2009. Peningkatan Kemampuan Menyimak Berita dengan Menggunakan Terapi Earobics Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. H. Imam Machfudz M.Pd. dan Azizatus Zahro S.Pd MPd. Kata Kunci peningkatan kemampuan terapi earobics menyimak berita Menyimak merupakan keterampilan dasar yang mempunyai peranan yang sangat penting dalam menguasai suatu bahasa. Oleh karena itu pembelajaran keterampilan menyimak yang menarik bagi siswa diperlukan untuk memaksimalkan kemampuan siswa dalam menyimak. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bidang studi Bahasa Indonesia SMP Negeri 19 Malang diperoleh informasi bahwa masih terdapat permasalahan dalam pembelajaran menyimak berita untuk siswa kelas VII-i. Permasalahan tersebut antara lain (1) mengenai penyampaian materi simakan (2) kejenuhan siswa dalam menyimak (3) siswa kurang bisa konsentrasi sehingga mengalami kesulitan dalam menangkap dan mengingat isi materi simakan. Dari permasalahan tersebut maka dibutuhkan suatu teknik belajar yang mampu mengatasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menyimak berita kelas VII-i SMP Negeri 19 Malang melalui penerapan terapi earobics. Terapi earobics merupakan suatu terapi senam telinga yang berupaya untuk menemukan keajaiban pendengaran dalam meningkatkan keterampilan mendengar secara aktif. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Sebelum pelaksanaan siklus 1 dan 2 peneliti terlebih dahulu melaksanakan tahap pretes untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2009 4 November 2009 11 November 2009 dan 18 November 2009. Pada tahap pretes pembelajaran dilaksanakan menggunakan metode yang biasa diterapkan oleh guru Bahasa Indonesia. Pada tahap ini rata-rata nilai siswa untuk kemampuan menuliskan kembali isi berita yang disimak secara lengkap (aspek kelengkapan) rata-ratanya yaitu 45 9. Sedangkan kemampuan siswa dalam menuliskan kembali isi berita secara sesuai berdasarkan teks berita yang disimak (aspek kesesuaian) hasil rata-ratanya yaitu 46 1. Dan kemampuan siswa dalam menuliskan kembali isi berita dengan menggunakan ejaan dan susunan kalimat yang tepat (aspek kebahasaan) hasil rata-ratanya yaitu 48 1. Dari hasil pretes tersebut peneliti menyusun kegiatan pembelajaran dengan pemberian tindakan pada siklus 1. Pada tahap ini peneliti menerapkan terapi earobics sebagai solusi atas permasalahan yang ada pada tahap pretes. Pada siklus 1 hasil rata-rata nilai siswa untuk kemampuan menuliskan kembali isi berita yang disimak secara lengkap rata-ratanya yaitu 74.9. Sedangkan kemampuan siswa dalam menuliskan kembali isi berita secara sesuai berdasarkan teks berita yang disimak hasil rata-ratanya yaitu 75.5. Dan kemampuan siswa dalam menuliskan kembali isi berita dengan menggunakan ejaan dan susunan kalimat yang tepat hasil rata-ratanya yaitu 71.2. 6 Dari pembelajaran siklus 1 masih terdapat beberapa kekurangan yaitu kurang terkendalinya sikap siswa selama proses pembelajaran berlangsung siswa mengalami kebingungan dalam memahami instruksi terapi earobics rekaman berita yang diputar kurang jelas dan kelas menjadi gaduh ketika kegiatan memutar bangku. Oleh karena itu peneliti membuat perencanaan pembelajaran siklus 2 untuk mengatasi permasalahan siklus 1. Siklus 2 merupakan tahap postes untuk kegiatan pembelajaran siswa. Pada siklus 2 didapat hasil nilai rata-rata 92 7 untuk kemampuan menuliskan kembali isi berita yang disimak dengan lengkap 90 6 untuk kemampuan siswa dalam menuliskan kembali isi berita secara sesuai berdasarkan teks berita yang disimak dan 80 untuk kemampuan menuliskan kembali isi berita dengan menggunakan ejaan dan susunan kalimat yang tepat. Setelah pelaksanaan postes didapatkan hasil untuk kemampuan menuliskan kembali isi berita yang disimak secara lengkap mengalami peningkatan sebesar 46 8%. Untuk kemampuan siswa dalam menuliskan kembali isi berita secara sesuai berdasarkan teks berita yang disimak mengalami peningkatan sebesar 44 5%. Dan kemampuan siswa dalam menuliskan kembali isi berita dengan menggunakan ejaan dan susunan kalimat yang tepat mengalami peningkatan sebesar 31 9%. Dari pengolahan data secara menyeluruh maka kemampuan siswa dalam menyimak berita mengalami peningkatan. Jadi dapat disimpulkan bahwa terapi earobics terbukti mampu meningkatkan kemampuan menyimak berita siswa kelas VII-i SMP Negeri 19 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 May 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9746

Actions (login required)

View Item View Item