Pengaruh pengetahuan tentang bahaya terhadap unsafe action pada pekerja produksi UD. Fard Tulungagung / Perwita Deanita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pengetahuan tentang bahaya terhadap unsafe action pada pekerja produksi UD. Fard Tulungagung / Perwita Deanita

Deanita, Perwita (2019) Pengaruh pengetahuan tentang bahaya terhadap unsafe action pada pekerja produksi UD. Fard Tulungagung / Perwita Deanita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Deanita Perwita 2019. Pengaruh Pengetahuan tentang Bahaya Terhadap Unsafe Action pada Pekerja Bagian Produksi UD. FARD Tulungagung. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Elfia Nora S.E. M.Si. Kata Kunci Pengetahuan tentang Bahaya Unsafe Action Kecelakaan Kerja Manufaktur merupakan salah satu sektor industri yang memiliki risiko kecelakaan kerja cukup tinggi. Hal ini karena penggunaan teknologi pada kegiatan manufaktur diperlukan guna memudahkan proses produksi dan mempercepat pemenuhan kebutuhan hidup konsumen atau masyarakat luas. Industri manufaktur dan konstruksi menyumbang jumlah kecelakaan kerja terbesar di Indonesia. Data hasil survey World Economic Forum (WEF) menunjukkan bahwa ribuan kecelakaan terjadi di tempat kerja setiap tahun yang dapat menimbulkan korban jiwa terjadi kerusakan material dan infrastruktur manufaktur serta gangguan kelancaran proses produksi. Penelitian yang dilakukan Heinrich (1928) mengungkap fakta bahwa pada 75 ribu kasus kecelakaan industri didapatkan 88% disebabkan oleh tindakan tidak aman (unsafe action) 10% oleh kondisi tidak aman dan 2% tidak dapat dihindarkan seperti bencana alam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Deskripsi pengetahuan tentang bahaya dan unsafe action (2) Pengaruh pengetahuan tentang bahaya terhadap unsafe action. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pekerja produksi UD. FARD Tulungagung yang berjumlah 57 orang. Sampel yang didapatkan sebanyak 50 responden dengan teknik sampling yang dugunakan simple random sampling. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan merupakan regresi linier sederhana. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa pengetahuan tentang bahaya pekerja tergolong sangat baik sedangkan unsafe action yang dilakukan tergolong sedang. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh negatif signifikan antara pengetahuan tentang bahaya terhadap unsafe action. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diberikan untuk perusahaan adalah mem berikan pemahaman atau pengarahan mengenai pengangkatan beban yang benar sehingga meminimalisisr terjadinya cedera meningkatkan peran mandor untuk melakukan briefing sebelum bekerja dan meningkatkan pengawasan dalam penggunaan APD. Perusahaan sebaiknya meningkatkan pembekalan pengetahuan keselamatan dan kesehatan di area kerja. Bagi peneliti selanjutnya disarankan dapat mengkaji ulang maupun mengkaji motivasi sebagai variabel moderasi atau menggunakan variabel beban kerja sebagai anticedent karena berdasarkan hasil wawancara responden melakukan tindakan unsafe action salah satunya disebabkan oleh tuntutan pekerjaan/ beban kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/97193

Actions (login required)

View Item View Item