Hubungan motivasi kerja dengan kejenuhan kerja (burnout) karyawan pada perusahaan pembiayaan / Nina Tri Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan motivasi kerja dengan kejenuhan kerja (burnout) karyawan pada perusahaan pembiayaan / Nina Tri Lestari

Lestari, Nina Tri (2019) Hubungan motivasi kerja dengan kejenuhan kerja (burnout) karyawan pada perusahaan pembiayaan / Nina Tri Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari Nina Tri. 2019. Hubungan Motivasi Kerja dengan Kejenuhan Kerja (Burnout) Karyawan Pada Perusahaan Pembiayaan. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Elfia Nora S.E. M.Si. Kata Kunci Hubungan MotivasiKerja KejenuhanKerja (Burnout). Motivasi kerja karyawan merupakan salah satu aspek penting yang diperlukan untuk menurunkan tingkat kejenuhan kerja (burnout) karyawan. Motivasi kerja karyawan juga sangat berperan penting dalam pencapaian tujuan perusahaan. Motivasi kerja merupakan dorongan dari dalam diri karyawan maupun luar untuk mencapai suatu tujuan perusahaan. Kejenuhan kerja adalah bentuk perubahan sikap dan perilaku dari karyawan berupa reaksi menarik diri secara psikologis dari pekerjaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan seberapa besar motivasi kerja karyawan dan juga bagaimana hubungan motivasi kerja tersebut dengan kejenuhan kerja (burnout) pada karyawan PT. Mega Central Finance CabangBlitar PT. BFI Finance CabangBlitar dan PT. Wahana Ottomitra Multiartha (WOM) Cabang Blitar. Populasi pada penelitian sebanyak 144 karyawan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria karyawan yang melayani kebutuhan konsumen secara langsung dan diperoleh 128 responden. Terdapat dua variabel yaitu variabel independen (X) motivasi kerja dan variabel dependen(Y) kejenuhan kerja (burnout). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk mengukur motivasi kerja dan kejenuhan kerja (burnout) karyawan dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan menggunakan analisis korelasi pearson product moment melalui software SPSS versi 24.0. Hasil penelitian ini menunjukkan karyawan memiliki motivasi kerja yang rendah. Kejenuhan kerja (burnout) karyawan dalam kategori sering atau cenderung mengalami burnout. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa terdapat hubungan negatif antara motivasi kerja dengan kejenuhan kerja (burnout) karyawan. Analisis data menunjukkan semakin rendah motivasi kerja karyawan maka semakin tinggi kejenuhan kerja (burnout) karyawan. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan manajemen perusahaan memberi kesempatan karyawan untuk berkembang misalnya pelatihan yang dapat menunjang pekerjaan dan memberi pengakuan terhadap pekerjaan seperti pemberian bonus piagam penghargaan atau pengakuan secara langsung di depan karyawan lain. Untuk penelitian selanjutnya disarankan menggunakan variabel independen lain misalnya stres kerja faktor demografik faktor kepribadian atau locus of control.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/97148

Actions (login required)

View Item View Item