Pengaruh novelty seeking terhadap behavioral intention melalui perceived value pada wisatawan gunung Bromo / Alfi Nurul Badriya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh novelty seeking terhadap behavioral intention melalui perceived value pada wisatawan gunung Bromo / Alfi Nurul Badriya

Badriya, Alfi Nurul (2019) Pengaruh novelty seeking terhadap behavioral intention melalui perceived value pada wisatawan gunung Bromo / Alfi Nurul Badriya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Badriya Alfi Nurul. 2019. Pengaruh Novelty Seeking Terhadap Behavioral Intention Melalui Perceived Value Pada Wisatawan Gunung Bromo. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sopiah Mpd. M.M. Kata Kunci Novelty Seeking Perceived Value Behavioral Intention Behavioral intention merupakan keinginan seseorang untuk melakukan perilaku yang dapat diprediksi oleh sikapnya terhadap perilakunya. Keterbaruan dan nilai yang didapat oleh wisatawan menjadi salah satu faktor pendorong yang dapat memunculkan minat berperilaku wisatawan. Berkaitan dengan minat berperilaku pasca berkunjung untuk memunculkan nilai dari objek wisata Gunung Bromo perlu adanya sebuah evaluasi mengenai keterbaruan yang dirasakan wisatawan apakah keterbaruan yang dirasakan oleh wisatawan dapat mendorong wisatawan untuk berkunjung kembali ke Gunung Bromo atau setidaknya merekomendasikan wisata Gunung Bromo ke lainnya sehingga akan mengurangi persentase tidak berminatnya wisatawan untuk berkunjung kembali. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Menjelaskan kondisi deskriptif mengenai novelty seeking perceived value dan behavioral intention menurut persepsi wisatawan yang pernah berkunjung ke Gunung Bromo (2) Menjelaskan pengaruh langsung dan tidak langsung novelty seeking terhadap behavioral intention melalui perceived value pada wisatawan Gunung Bromo. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif yang bersifat eksplanatori. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah wisatawan yang pernah berkunjung ke Gunung Bromo dengan menggunakan jumlah sampel sebanyak 330 responden. Metode penentu pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Jenis skala pengukuran dalam penelitian ini menggunakan skala likert sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa kesimpulan. Pertama Gunung Bromo mampu memenuhi keterbaruan yang dicari oleh responden saat berkunjung dengan interpretasi yang tinggi. Selanjutnya ekspektasi yang diharapkan wisatawan sesuai dengan nilai yang dirasakan. Sedangkan minat berperilaku wisatawan setelah berkunjung pada Gunung Bromo memiliki nilai yang sangat tinggi. Akan tetapi masih ada beberapa indikator tertentu dari beberapa variabel yang masih dipersepsikan rendah oleh responden. Beberapa responden menyatakan bahwa objek wisata Gunung Bromo belum mampu menantang adrenalin dan beberapa responden merasa biaya yang dikeluarkan oleh responden tidak sebanding dengan nilai yang diterima saat berkunjung. Adanya ketidaksesuaian hasil yang diharapkan maka akan secara langsung mempengaruhi minat berperilaku yang rendah. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Novelty seeking berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap perceived value (2) Novelty seeking berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap behavioral intention (3) Perceived value berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap behavioral intention dan (4) Novelty seeking mempunyai pengaruh secara tidak langsung terhadap behavioral intention melalui perceived value pada wisatawan Gunung Bromo. Atas kekurangan-kekurangan yang telah disebutkan peneliti menyarankan untuk pengelola Gunung Bromo menambahkan fasilitas seperti membuat jalur pendakian Gunung Bromo yang aman namun menantang adrenalin bagi wisatawan yang merasa pendakian Gunung Bromo kurang menantang dan pengelola sebaiknya membuat kebijakan baru untuk menurunkan harga tiket masuk tersebut atau memberikan patokan harga dan biaya penginapan sekitar agar tidak mahal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/97027

Actions (login required)

View Item View Item