Afif, Iqbal (2010) Pengembangan media VCD pembelajaran sains pokok bahasan makhluh hidup untuk siswa kelas VI SD negeri III Dawuhan Situbondo/ Iqbal Afif Amrullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Afif Amrullah Iqbal. 2009. Pengembangan Media VCD Pembelajaran Sains Pokok Bahasan Makhluk Hidup Untuk Siswa Kelas VI SD Negeri III Dawuhan Situbondo. Skripsi. Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Anastasia Widjajantin M.Pd (II) Dra. Susilaningsih Kata kunci Pengembangan Media VCD Pembelajaran Pokok Bahasan Makhluk Hidup Media VCD pembelajaran adalah media pembelajaran yang penyampaiannya memadukan unsur audio visual dalam waktu yang bersamaan sehingga dapat menarik minat pengguna. Media VCD pembelajaran juga memiliki ciri yang dinamis bersifat menjelaskan secara rinci serta interaktif. Pengembangan media VCD pembelajaran ini bertujuan untuk 1) mengatasi kesulitan guru dalam menyampaikan materi pelajaran secara jelas/konkrit 2) memudahkan siswa kelas VI dalam menerima materi pelajaran SAINS pokok bahasan makhluk hidup secara jelas/konkrit 3) dan memberikan gambaran yang jelas tentang pokok bahasan makhluk hidup pada mata pelajaran SAINS kelas VI semester I. Subyek ujicoba dalam pengembangan media VCD pembelajaran ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri III Dawuhan Situbondo. Jenis data pengembangan ini adalah kualitatif deskriptif. Sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui observasi serta menggunakan instrumen berbentuk angket yang di berikan kepada ahli media ahli materi dan siswa. Untuk hasil belajar siswa digunakan evaluasi dalam bentuk pre test dan post test. Analisis data yang digunakan untuk mengolah data hasil validasi ahli media ahli materi dan audiens adalah prosentase. Hasil pengembangan media VCD pembelajaran ini berdasarkan analisis data dari 2 ahli media 1 ahli materi dan 30 siswa kelas VI kemudian dianalisia berdasarkan atas tabel spesifikasi Sudjana memenuhi kriteria valid atau dapat dikatakan ahli media setuju bahwa VCD pembelajaran ini sudah layak untuk diterapkan dengan hasil yakni ahli media 85 % ahli materi 85 % audiens 89 %. Dengan demikian media VCD pembelajaran SAINS pokok bahasan makhluk hidup ini valid dan dapat dipergunakan dalam pembelajaran. Pada proses observasi ditemukan beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam proses pengembangan media VCD pembelajaran mata pelajaran SAINS ini yaitu kalimat narasi yang terlalu panjang membuat siswa tidak dapat menerima informasi secara jelas dan tepat. Dalam penelitian ini saran yang diajukan hendaknya media VCD pembelajaran ini perlu adanya perbaikan sehingga dapat memberikan kontribusi yang berarti terhadap pembelajaran di Indonesia. Terutama mata pelajaran SAINS sehingga dapat dikembangkan pada mata pelajaran lainnya. i
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/966 |
Actions (login required)
View Item |