Penggunaan strategi SQ4R (Survey, question, read, record, recite, review) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang / Henys Yunitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan strategi SQ4R (Survey, question, read, record, recite, review) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang / Henys Yunitasari

Henys (2011) Penggunaan strategi SQ4R (Survey, question, read, record, recite, review) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang / Henys Yunitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Survey Question Read Record Recite Review (SQ4R) membaca pemahaman menceritakan kembali cerita hasil belajar siswa. Pembelajaran membaca pemahaman di kelas VII F SMPN 2 Singosari Kabupaten Malang masih terdapat berbagai permasalahan. Permasalahan yang melatarbelakangi hal tersebut adalah (1) kesulitan siswa dalam mengungkapkan pendapat berdasarkan isi bacaan (2) menyimpulkan isi bacaan dan menemukan pesan moral dalam bacaan (3) menjawab pertanyaan analisis dalam bacaan dan mencari ide pokok dalam setiap paragraf dan (4) siswa masih kesulitan dalam mencertitakan kembali cerita dengan menggunakan bahasa sendiri. Mengacu pada permasalahan pembelajaran membaca yang dialami oleh kelas VII F SMPN 2 Singosari maka strategi SQ4R dapat dijadikan salah satu alternatif pemecahannya. Strategi SQ4R dapat mendorong siswa untuk mencapai keberhasilan belajar melalui kegiatan belajar bersama dalam kelompok-kelompok kecil. Selain itu dengan bekerjasama diantara anggota kelompok akan mendorong peningkatan kemampuan siswa dalam menenmukan dan merumuskan alternatif pemecahan terhadap masalah materi pelajaran yang dihadapi. Strategi SQ4R juga dapat mengembangkan kemampuan berfikir kreatif siswa karena strategi pembelajaran SQ4R memberikan kesempatan kepada siswa untuk berlatih mengemukakan pendapat atau pertanyaan ketika tahap diskusi kelompok yang sedang berlangsung. Pada penelitian ini strategi SQ4R diterapkan pada pembelajaran membaca pemahaman. Membaca pemahaman ialah suatu proses pengambilan makna bacaan yang melibatkan pengetahuan dan pengalaman atau skemata yang telah dimiliki dan menggabungkannya dengan bacaaan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Meningkatkan kemampuan menentukan ide pokok siswa SMPN 2 Singosari dengan menggunakan strategi SQ4R (2) Meningkatkan kemampuan menyimpulkan cerita siswa SMPN 2 Singosari dengan menggunakan strategi SQ4R dan (3) Meningkatkan kemampuan menceritakan kembali siswa SMPN 2 Singosari dengan menggunakan strategi SQ4R Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang dilihat dari proses kegiatan belajar-mengajar siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena karena diupayakan untuk mendapatkan data verbal dan data non verbal yang secara potensial dapat memberikan makna dan informasi yang sesuai dengan tujuan penelitian. Data verbal berupa teks v dalam pelajaran membaca pemahaman. Data nonverbal beruba perilaku interaksi dan kejadian-kejadian yang berhubungan dengan penelitian ini. Subyek dalam penelitian ini siswa kelas VIIF SMP Negeri 2 Singosari tahun pelajaran 2020-2011 yang berjumlah 38 siswa dengan perincian 16 siswa perempuan dan 22 siswa laki-laki. Instumen yang digunakan adalah lembar kerja siswa pedoman observasi dan pedoman wawancara. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa hasil evaluasi atau hasil belajar siswa data pelaksanaan/data proses pembelajaran membaca pemahaman dan data perencanaan pembelajaranyang digunakan ketika guru mengajar. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa (1) peningkatan penggunaan strategi SQ4R (survey question read record recite review) untuk meningkatkan kemampuan menentukan ide pokok siswa memperoleh nilai rata-rata 62 7. Siswa yang memperoleh nilai SKM hanya 50% dari 38 siswa yaitu 19 siswa (2) Peningkatan penggunaan strategi SQ4R (survey question read record recite review) kemampuan menyimpulkan cerita siswa memperoleh nilai rata-rata 49 50. Hanya 13% atau 5 siswa yang memperoleh ketuntasan nilai. Dan untuk 33 siswa memperoleh nilai di bawah SKM (3) Peningkatan penggunaan strategi SQ4R (survey question read record recite review) kemampuan menceritakan kembali siswa memperoleh nilai rata-rata 51 07. Pada penelitian siklus II hasil belajar siswa meningkat nilai yang diperoleh siswa sudah memenuhi SKM. (1) Peningkatan penggunaan strategi SQ4R (survey question read record recite review) untuk meningkatkan kemampuan menentukan ide pokok siswa memperoleh nilai rata-rata 75 8. 84% dari 37 siswa sudah memperoleh nilai di atas SKM (2) Peningkatan penggunaan strategi SQ4R (survey question read record recite review) kemampuan menyimpulkan cerita siswa memperoleh nilai rata-rata 75 10. 84% dari 37 siswa yang memperoleh nilai tuntas sebanyak 31 siswa (3) Peningkatan penggunaan strategi SQ4R (survey question read record recite review) kemampuan menceritakan kembali siswa memperoleh nilai rata-rata 75 10. Dengan dilaksanakan penelitian ini dapat dibuktikan jika penggunaan stategi SQ4R dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil belajar siswa dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa yang terbagi dalam pembelajaran menentukan ide pokok menyimpulkan cerita dan menceritakan kembali cerita yang dibaca.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9655

Actions (login required)

View Item View Item