Fuaida, Filda (2018) Hubungan antara kemampuan literasi dasar dan prestasi belajar mahasiswa tingkat awal Universitas Negeri Malang / Filda Fuaida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fuaida Filda. 2018. Hubungan Kemampuan Literasi Dasar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Tingkat Awal Universitas Negeri Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan daerah Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Suyono M.Pd. Kata kunci kemampuan literasi prestasi belajar korelasi Kemampuan literasi dasar merupakan titik utama dalam peningkatan kualitas hidup manusia karena manusia literate yaitu manusia yang memiliki protensi untuk membangun bangsanya. Penelitian literasi mengharuskan diadakannya tes untuk mengukur kemampuan membaca kemampuan berpikir dan kemampuan menulis. Kemampuan literasi dapat diukur dengan menggunakan tes. Tes yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan literasi yaitu dengan menggunakan tes yang mengaitkan kemampuan membaca berpikir dan menulis. Tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan literasi dapat dilakukan dengan enam kegiatan yaitu (1) merangkum teks (2) mengkritik teks (3) membandingkan unsur-unsur isi teks (4) membahasakan tabel isi teks (5) membuat diagram batang isi teks (6) menyimpulkan isi teks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan literasi dasar dengan prestasi belajar mahasiswa tingkat awal Universitas Negeri Malang angkatan 2016-2017. Jenis peneflitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitan ini adalah mahasiswa tingkat awal Universitas Negeri Malang angkatan 2016-2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa tingkat awal Universitas Negeri Malang yakni sebanyak 7.925 (angkatan 2016) ditambah 8.133 (angkatan 2017) dari 29 jurusan. Teknik sampel yang dipilih adalah Purposive Sampling. Data berupa skor nilai kemampuan literasi mahasiswa. Analisis data terdiri dari tiga tahapan (1)pemeriksaan (editing) (2) proses pemberian identitas (coding) (3) proses pembeberan data. Hasil analisis data menunjukan bahwa kemampuan merangkum mahasiswa tingkat awal Universitas Negeri Malang angkatan 2016-2017 amat baik. Mahasiswa setiap fakultas rata-rata mendapatkan skor antara 16-20 dalam kegiatan merangkum. Artinya kemampuan merangkum teks oleh mahasiswa yaitu mencapai 81-100%. Kemampuan mengkritik teks mahasiswa tingkat awal Universitas Negeri Malang angkatan 2016-2017 baik. Mahasiswa setiap fakultas rata-rata mendapatkan skor antara 16-20 dalam kegiatan merngkritik. Artinya kemampuan mengkritik isi teks oleh mahasiswa yaitu mencapai 60-81%. Kemampuan membandingkan teks mahasiswa tingkat awal Universitas Negeri Malang angkatan 2016-2017 baik. Kemampuan membahasakan tabel mahasiswa tingkat awal Universitas Negeri Malang angkatan 2016-2017 cukup rendah dengan perolehan skor rata-rata 8 4. Artinya kemampuan membahasakan tabel oleh mahasiswa yaitu mencapai 21-40%. Kemampuan membuat diagram batang isi teks oleh mahasiswa tingkat awal Universitas Negeri Malang angkatan 2016-2017 cukup rendah dengan perolehan skor rata-rata 5 5. Artinya kemampuan membuat diagram batang isi teks yang telah dibaca oleh mahasiswa yaitu mencapai 0-20%. kemampuan merangkum mahasiswa tingkat awal Universitas Negeri Malang angkatan 2016-2017 amat baik. Mahasiswa setiap fakultas rata-rata mendapatkan skor antara 11-15 dalam kegiatan merangkum. Artinya kemampuan menyimpulkan teks oleh mahasiswa yaitu mencapai 60-81%. Kemampuan literasi mahasiswa tingkat awal Universitas Negeri Malang angkatan 2016-2017 cukup baik. Dari hasil tes yang terdiri atas lima kegiatan dengan tingkat kesulitan yang berbeda diperoleh nilai rata-rata keseluruhan kegiatan dengan jumlah nilai 56 7. Artinya kemampuan literasi mahasiswa tingkat awal UM cukup baik yaitu sekitar 55%. Berdasarkan data yang dikumpulkan dapat diketahui bahwa rata-rata Indeks Prestasi atau hasil prestasi mahasiswa tingkat awal Universitas Negeri Malang tergolong tinggi. Mahasiswa rata-rata mendapatkan skor dengan persentase 81 7%. Skor yang diperoleh tersebut tergolong baik karena mencapai tingkat penguasaan antara 75%-84%. Hal ini terjadi salah satunya karena mata kuliah yang ditempuh belum sepenuhnya memberatkan mahasiswa tersebut. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa terdapat hubungan antara kemampuan literasi dasar dan prestasi belajar siswa. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0 024 0 05 dan drajat hubungan sebesar 0 114. Hubungan tersebut terjadi secara positif karena kemampuan literasi dasar yang tinggi mendukung prestasi belajar yang tinggi pula. Berdasarkan hasil analisis dan simpulan hasil penelitian ini dapat menjadi saran bagi pihak-pihak berikut. Pertama kepada mahasiswa semester awal universitas negeri malang untuk meningkatkan kemampuan literasi dasar mahasiswa melalui tes. Pihak-pihak tersebut yang ingin mengetahui kemampuan literasi apat menjadikan tes literasi dasar yang dimiliki peneliti sebagai masukan dalam pembuatan tes. Kedua kepada peneliti lain untuk menjadikan hasil penelitian ini sebagai masukan dalam melakukan penelitian lain terkait literasi dan prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Sep 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9651 |
Actions (login required)
View Item |