Problematika pengembangan kemampuan literasi dasar mahasiswa tingkat awal Universitas Negeri Malang / Laeli Yuhannisya - Repositori Universitas Negeri Malang

Problematika pengembangan kemampuan literasi dasar mahasiswa tingkat awal Universitas Negeri Malang / Laeli Yuhannisya

Yuhannisya, Laeli (2018) Problematika pengembangan kemampuan literasi dasar mahasiswa tingkat awal Universitas Negeri Malang / Laeli Yuhannisya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Yuhannisya Laeli. 2018. Problematika Pengembangan Kemampuan Literasi Dasar Mahasiswa Tingkat Awal Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Suyono M.Pd. Kata Kunci problematika pengembangan kemampuan literasi dasar mahasiswa tingkat awal Penelitian ini didasarkan pada kemampuan literasi dasar yang harus dimiliki mahasiswa tingkat awal. Mahasiswa tingkat awal pada rentang usia 18 tahun sampai 20 tahun berada pada tahap operasi formal yang sudah memiliki kemampuan untuk menyelidiki suatu permasalahan dengan cermat dan sistematis. Dengan kemampuan tersebut seharusnya mahasiswa tingkat awal sudah mampu mengembangkan kemampuan literasi dasar mereka untuk mengeksplorasi materi. Namun terdapat problematika baik yang disebabkan oleh faktor eksternal dan internal yang menghambat pengembangan kemampuan literasi dasar mahasiswa tingkat awal Universitas Negeri Malang. Literasi dasar sendiri adalah kemampuan kolaboratif berbahasa dan berpikir kritis dengan inti kegiatan membaca-berpikir-menulis yang menjadi satu kegiatan utuh berkesinambungan dan tidak dapat dipisahkan. Hal terpenting dalam literasi dasar adalah kemampuan membaca dan kemampuan menulis dimana pada kedua kemampuan tersebut terdapat proses berpikir kritis. Kemampuan membaca mempengaruhi kemampuan berpikir dan menulis. Kemampuan dalam menemukan aspek penting dari suatu teks melalui kegiatan membaca menjadi input berupa pengetahuan baru. Selanjutnya input berupa pengetahuan tersebut dituangkan dalam bentuk gagasan tertulis. Dimana keluasan tulisan bergantung pada keluasan input pengetahuan yang diperoleh dari kegiatan membaca. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keluasan suatu tulisan bergantung pada keluasan penulis dalam membaca. Penelitian ini bertujuan untuk menguak apa saja problematika pengembangan kemampuan literasi dasar mahasiswa tingkat awal Universitas Negeri Malang. Secara khusus penelitian ini memiliki dua tujuan yaitu (1) untuk mendeskripsikan bentuk problematika pengembangan kemampuan literasi dasar mahasiswa tingkat awal Universitas Negeri Malang dan (2) untuk mendeskripsikan faktor penyebab munculnya bentuk problematika pengembangan kemampuan literasi dasar mahasiswa tingkat awal Universitas Negeri Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian survei sampel deskriptif. Data yang diperoleh berupa deskripsi informasi yang diuraikan secara apa adanya berdasarkan fakta yang terjadi di ii lapangan menggunakan angket sebagai alat pengumpul data pokok dan selanjutnya melakukan pengamatan wawancara serta analisis dokumen untuk memperjelas fakta-fakta. Sumber data pada penelitian ini adalah mahasiswa tingkat awal Universitas Negeri Malang dengan sampel berjumlah 390 mahasiswa. Hasil penelitian memaparkan bahwa bentuk problematika pengembangan kemampuan literasi dasar mahasiswa tingkat awal UM dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu bentuk problematika karena faktor eksternal dan bentuk problematika karena faktor internal. Terdapat 7 bentuk problematika karena faktor eksternal dan 5 bentuk problematika karena faktor internal. Bentuk problematika karena faktor eksternal yaitu (1) fasilitas taman belajar yang masih kurang nyaman (2) sarana dan prasarana perpustakaan fakultas yang masih kurang nyaman (3) rendahnya jangkauan wifi sebagai sarana mendapatkan e-journal dan e-artikel (4) belum maksimalnya program menulis PKM (5) tidak adanya kelompok studi keilmuan dan riset (6) dosen kurang memberikan tugas yang bersifat analitis dan (7) dosen memberikan tugas tanpa disetai follow up yang baik. Selanjutnya bentuk problematika karena faktor internal yaitu (1) kesadaran pentingnya membaca masih rendah (2) sering melakukan copy-paste terhadap penelitian orang lain (3) sering mengalami kesulitan mengidentifikasi aspek penting dari suatu teks (4) sering mengalami kesulitan dalam kegiatan bernalar dan (5) sering mengalami kesulitan dalam kegiatan bernalar menulis. Selanjutnya setiap bentuk problematika pengembangan kemampuan literasi dasar mahasiswa tingkat awal memiliki faktor penyebab yang berbeda-beda. Faktor penyebab tersebut dapat terjadi karena faktor internal dan juga eksternal. Faktor eksternal penyebab munculnya bentuk problematika diantaranya (1) tidak adanya stop kontak di setiap area bangku taman (2) ketersediaan bangku taman yang masih kurang (3) rendahnya sarana sirkulasi peminjaman dan pengembalian buku (4) ketidakramahan petugas pelayanan pembaca (5) tidak semua gedung memiliki wifi router (6) belum ada bimbingan secara intens untuk menghasilkan PKM dengan kualitas baik (7) minat mahasiswa terhadap studi keilmuan dan riset masih rendah (8) dosen lebih sering menggunakan metode pembelajaran menyimak dan (9) dosen lebih sering memberikan tugas menulis makalah-presentasi-mengumpulkan makalah. Sementara faktor internal penyebab munculnya bentuk problematika diantaranya (1) jarang memanfaatkan waktu luang untuk membaca buku dan pergi ke perpustakaan (2) jarang ada tugas yang mewajibkan mahasiswa untuk membaca (3) pemberian tugas yang sama antara mahasiswa yang satu dengan yang lain (4) mencari rujukan dari blog internet (5) kesulitan menentukan ide pokok setiap pargraf (6) sering kesulitan mengeksplorasi materi (7) sering kesulitan menyampaikan gagasan secara tertulis dan (8) belum pernah menulis suatu karya yang dipublikasikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9649

Actions (login required)

View Item View Item