Hidayati, Ririn (2018) Pengembangan bahan ajar menulis berita ekstrakurikuler jurnalistik SMA / Ririn Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Ririn Hidayati. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Berita untuk Kegiatan Ekstrakurikuler Jurnalistik SMA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwi Saksomo M.Si Kata kunci bahan ajar menulis berita menulis berita ekstrakurikuler jurnalistik SMA. Kegiatan jurnalistik memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan. Kegiatan jurnalistik perlu diajarkan sejak dini. Kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik SMA mampu menjadi solusi untuk mencetak para jurnalis muda yang berkompeten. Produk jurnalistik memiliki beberapa ragam salah satunya berita. Namun di lapangan pemahaman siswa SMA tentang berita masih sangat kurang. Bahan ajar yang tersedia masih sangat terbatas bahkan belum ada. Penelitian dan pengembangan ini memiliki tujuan umum menghasilkan produk bahan ajar menulis berita untuk kegiatan jurnalistik SMA sehingga dapat membantu kesulitan siswa dan meningkatkan kemampuan jurnalistik siswa SMA. Adapun tujuan khusus penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) mengembangkan isi bahan ajar menulis berita untuk kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik SMA (2) mengembangkan sistematika penyajian bahan ajar menulis berita untuk kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik SMA (3) mengembangkan penggunaan bahasa bahan ajar menulis berita untuk kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik SMA (4) mengembangkan tampilan bahan ajar menulis berita untuk kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik SMA dan (5) mengkaji keefektifan bahan ajar menulis berita untuk kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan karena bertujuan mengembangkan bahan ajar menulis berita. Prosedur penelitian dan pengembangan yang dipakai dalam penelitian ini adalah adaptasi dari model penelitian dan pengembangan Borg Gall. Tujuh tahap hasil adaptasi yang digunakan yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan produk (3) pengembangan draf produk (4) uji ahli dan uji praktisi (5) revisi hasil uji ahli dan uji praktisi (6) uji lapangan dan (7) penyempurnaan produk. Uji ahli produk meliputi ahli bahan ajar dan ahli menulis berita. Uji praktisi dilakukan pada pembina ekstrakurikuler jurnalistik SMAN 1 Grati. Uji lapangan dilakukan dua kali untuk menguji keefektifan produk dan dilakukan pada siswa kelas X dan XI anggota ekstrakurikuler jurnalistik SMAN 1 Grati berjumlah 13 siswa. Jenis data yang diperoleh dari penelitian ini berupa data verbal dan data angka. Data verbal dibagi menjadi dua yaitu data tertulis dan data lisan. Data tertulis berupa catatan komentar kritik maupun saran-saran yang dituliskan oleh subjek coba pada lembar penilaian. Data lisan berupa komentar dari para ahli dan praktisi. Data lisan digunakan untuk mengetahui tanggapan dan memperoleh saran perbaikan produk. Data angka berupa angka-angka yang didapat dari penghitungan nilai angket yang diberikan kepada subjek uji coba. Berdasarkan uji coba produk diperoleh data berikut. Persentase hasil uji ahli bahan ajar mencapai 85% (kualifikasi sangat layak dengan tindak lanjut implementasi). Persentase hasil uji ahli materi mencapai 75% (kualifikasi layak dengan tindak lanjut implementasi). Persentase hasil uji praktisi mencapai 94% (kualifikasi sangat layak dengan tindak lanjut implementasi). Berdasarkan hasil uji keefektifan produk menggunakan uji t dengan membandingkan nilai pretest dan posttest siswa dapat diketahui nilai signifikansi 0 000. Nilai signifikansi 0 000 lebih kecil dari 0 05 yang merupakan level significance. Jika nilai signifikansi lebih kecil dari 0 05 maka terdapat perbedaan dan berpengaruh. Jika nilai signifikansi lebih besar dari 0 05 maka tidak terdapat perbedaan dan tidak berpengaruh. Berdasarkan data hasil uji coba produk tersebut dimaknai bahwa (1) bahan ajar Menulis Berita untuk Jurnalis SMA/Sederajat memiliki kualifikasi sangat layak dan dapat dilakukan tindak lanjut implementasi pada siswa dan (2) bahan ajar tersebut efektif digunakan dalam kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik SMA karena dapat meningkatkan kompetensi jurnalistik siswa. Saran yang diberikan pengembang untuk peneliti dan pengembang lain yaitu (1) diajurkan untuk mengembangkan bahan ajar menulis berita dengan karakteristik yang berbeda lebih unik dan spesifik dalam bentuk bahan ajar inspirasi bahan ajar segmentasi pengguna bahan ajar dan tingkat kerincian serta keragaman latihan (2) memperhatikan kedalaman materi dan pemilihan contoh-contoh berita yang lebih beragam (3) memperhatikan tata letak tulisan dan (4) memperhatikan masa uji coba lapangan sehingga latihan dalam bahan ajar dapat dilaksanakan dengan tuntas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jul 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9642 |
Actions (login required)
View Item |