Peningkatan kemampuan menulis teks deskripsi dengan media tebak montase siswa kelas VII MTSN Pandaan Tahun ajaran 2016/2017 / Luailatul Mashfiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis teks deskripsi dengan media tebak montase siswa kelas VII MTSN Pandaan Tahun ajaran 2016/2017 / Luailatul Mashfiyah

Masyfiyah, Luailatul (2018) Peningkatan kemampuan menulis teks deskripsi dengan media tebak montase siswa kelas VII MTSN Pandaan Tahun ajaran 2016/2017 / Luailatul Mashfiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Mashfiyah Luailatul. 2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi dengan Media Tebak Montase Siswa Kelas VII MTsN Pandaan Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Pidekso Adi M.Pd. Kata Kunci menulis teks deskripsi media tebak montase Menulis teks deksripsi merupakan salah satu kemampuan berbahasa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di tingkat SMP/MTs. Teks deskripsi merupakan salah satu kompetensi dasar yang diajarkan di kelas VII SMP/MTs. Teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan objek yang diamati secara rinci melalui pancaindra. Melalui kegiatan menulis teks deskripsi diharapkan siswa kelas VII E MTsN Pandaan tahun ajaran 2016/1017 dapat menggambarkan objek melalui pancaindra sehingga membuat pembaca seolah-oleh melihat merasakan mendengar mencicipi atau mencium langsung objek yang digambarkan. Berdasarkan hasil studi pendahuluan diketahui bahwa proses dan hasil pembelajaran menulis teks deskripsi siswa masih rendah. Oleh karena itu dibutuhkan perbaikan pada proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi. Salah satu perbaikan yang digunakan dalam pembelajaran menulis teks deskripsi yaitu dengan menggunakan media tebak montase. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil menulis teks deskripsi dengan media tebak montase pada siswa kelas VII E MTsN Pandaan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII E MTsN Pandaan yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara observasi angket dan tes. Analisis data perencanaan dan proses pembelajaran siswa dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif sedangkan hasil belajar dianalisis dengan cara mengumpulkan hasil menulis teks deskripsi dengan media tebak montase mengoreksi dan menentukan skor berdasarkan rubrik penilaian. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diketahui bahwa penggunaan media tebak montase dapat meningkatkan proses dan hasil menulis teks deskripsi siswa. Peningkatan tersebut dilihat dari peningkatan proses dan hasil menulis teks deskripsi dengan media tebak montase. Pada peningkatan proses siswa telah mampu melaksanakan proses tahapan menulis dengan baik mulai dari tahap pramenulis menulis dan tahap pascamenulis. Pada pembelajaran menulis teks deskripsi pratindakan siswa merasa sulit dalam menggambarkan objek tanpa melihat objek secara langsung mengembangkan kalimat deskriptif dan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar. Setelah adanya tindakan berupa penggunaan media tebak montase dalam pembelajaran menulis teks deskripsi pada siklus I dan siklus II siswa mampu mengatasi kesulitannya dalam menulisii teks deskripsi melalui tahapan-tahapan menulis dengan penggunaan media tebak montase. Siswa mampu mengamati video montase mampu membuat dan mengembangkan kerangka serta mampu menyajikan dan menanggapi teks deskripsi yang telah mereka tulis. Selain itu pada peningkatan proses juga dilihat dari sikap siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Aspek-aspek sikap siswa tersebut meliputi aspek kemandirian kejujuran tanggung jawab dan percaya diri. Aspek-aspek tersebut mengalami peningkatan yang signifikan. Ditunjukkan dengan sikap siswa yang mampu mengerjakan tugas secara mandiri tidak menyontek hasil kerja teman mengerjakan tugas dengan kesadaran diri sendiri dan berani menyajikan dan menanggapi teks deskripsi yang telah ditulis. Berdasarkan respon siswa yang didapatkan dari pengisian angket hampir seluruh siswa telah memberikan respon positif terhadap penggunaan media tebak montase pada pembelajaran menulis teks deskripsi. Peningkatan hasil menulis teks deskripsi dengan media tebak montase dapat dilihat dari dua aspek yaitu (1) kesesuaian struktur teks deskripsi dan (2) kebahasaan teks deskripsi. Pada pratindakan teks deskripsi siswa tidak sesuai dengan struktur teks deskripsi penggambaran objek masih bersifat umum (kurang mendetail dan kurang menggambarkan objek berdasarkan pengalaman pancaindra) dan penggunaan ejaan dan tanda baca kurang tepat. Pada siklus I terjadi peningkatan pada hasil teks deskripsi yang ditulis siswa. Isi teks deskripsi sudah sesuai dengan struktur teks deskripsi dan penggambaran objek sudah mulai mendetail dan menggambarkan pengalaman pancaindra namun penggunaan ejaan dan tanda baca masih ada beberapa siswa yang masih belum mampu menggunakannya dengan tepat. Pada siklus II penggunaan ejaan dan tanda baca sudah meningkat daripada siklus I sebagian besar teks deskripsi siswa sudah menggunakan ejaan dan tanda baca dengan tepat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut memberikan kesimpulan bahwa media tebak montase dapat meningkatkan proses dan hasil dalam pembelajaran menulis teks deskripsi. Pada hasil penelitian ini disarankan kepada guru untuk menggunakan media pembelajaran yang inovatif dalam proses belajar-mengajar terutama pada pembelajaran menulis teks deskripsi. Guru juga dapat menerapkan hasil penemuan ini sebagai inovasi pembelajaran bahasa Indonesia yang lebih bervariasi dan tidak membosankan bagi siswa. Selain itu peneliti lain diharapkan dapat mengembangkan penelitian sejenis dengan menggunakan model penelitian yang lain. Tujuannya adalah agar didapat hasil penelitian yang lebih baik dari penelitian ini. Bagi siswa disarankan untuk memperkaya wawasan melalui kegiatan pembelajaran menulis teks deskrisi dengan media tebak montase.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9639

Actions (login required)

View Item View Item