Kemampuan menceritakan kembali isi teks cerita rakyat di lingkungan setempat yang dibaca siswa kelas VII SMP Taman Dewasa Probolinggo / Aulia Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan menceritakan kembali isi teks cerita rakyat di lingkungan setempat yang dibaca siswa kelas VII SMP Taman Dewasa Probolinggo / Aulia Kurniawati

Kurniawati, Aulia (2017) Kemampuan menceritakan kembali isi teks cerita rakyat di lingkungan setempat yang dibaca siswa kelas VII SMP Taman Dewasa Probolinggo / Aulia Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aulia Kurniawati 2017. Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Teks Cerita Rakyat di Lingkungan Setempat yang Dibaca Siswa kelas VII SMP Taman Dewasa Probolinggo. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Pembimbing Prof. Dr. Heri Suwignyo M Pd. Kata Kunci kemampuan menceritakan kembali isi teks cerita rakyat Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya pembelajaran membaca cerita rakyat di kelas VII SMP/MTs semester gasal. Kompetensi dasar yang digunakan adalah Kompetensi Dasar 4.11 yaitu menceritakan kembali isi teks cerita rakyat (fabel/legenda) di lingkungan setempat yang dibaca/didengar . Adanya kompetensi dasar 4.11 tersebut menuntut guru untuk mengajarkan siswa pembelajaran tersebut hingga siswa mampu dalam menceritakan kembali dengan baik dan memperoleh hasil tes di atas nilai standard kriteria ketuntasan minimal. Namun pada kenyataanya guru Bahasa Indonesia kelas VII SMP Taman Dewasa Probolinggo masih kurang yakin dengan perolehan nilai siswa dalam pembelajaran menceritakan kembali karena siswa masih kurang percaya diri dalam kegiatan bercerita maupun berbicara lainnya. Sebagian besar siswa masih malu-malu dan kurang berani menyampaikan isi cerita di depan siswa lainnya maupun guru. Siswa juga seringkali mengeluh dan mengalami kesulitan dalam bercerita. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan menceritakan kembali isi teks cerita rakyat yang dibaca siswa kelas VII SMP Taman Dewasa Probolinggo dilihat dari aspek kebahasaan maupun nonkebahasaan. Penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian deskriptif kuantitatif bertujuan untuk mendeskripsikan fakta-fakta yang kemudian disusul dengan analisis yang juga menggunakan angka. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII B SMP Taman Dewasa Probolinggo. Penelitian ini dilakukan Senin 19 Desember 2016 karena pada dua kelas tersebut mendapatkan pelajaran bahasa Indonesia di hari yang sama. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik penugasan berupa tes performance/praktik selanjutnya hasil tes siswa yang berupa data mentah dianalisis menggunakan teknik statistik sederhana. Hal ini bertujuan untuk mencari tingkat penguasaan rata-rata setiap aspek yang ditentukan dan tingkat penguasaan rata-rata keseluruhan aspek yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas VII SMP Taman Dewasa Probolinggo menceritakan kembali cerita rakyat di lingkungan setempat yang telah dibaca tergolong kurang. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas VII SMP Taman Dewasa Probolinggo secara umum yaitu 50 dan ini berada pada kategori kurang (0-59). Dilihat dari segi persentase siswa memperoleh nilai pada kategori sangat baik sebanyak 1 orang atau 1 2% kategori baik sebanyak 6 orang atau 7 4% kategori cukup sebanyak 14 atau 17 3% dan kategori kurang sebanyak 60 atau 74 1%. Ketidakmampuan siswa kelas VII SMP Taman Dewasa Probolinggo menceritakan kembali cerita rakyat yang telah dibaca secara khusus dapat dilihat dari hasil pada aspek kebahasaan maupun nonkebahasaan. Nilai rata-rata untuk aspek kebahasaan adalah 50 3 dan nilai rata-rata untuk aspek nonkebahasaan adalah 52 6. Kedua nilai tersebut berdasarkan tabel kualifikasi nilai termasuk dalam kategori kurang mampu. Saran yang diberikan untuk mengatasi beberapa kendala tersebut yaitu bagi guru hendaknya melakukan penelitian tindakan kelas guna memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang dihadapi memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran dan mencobakan hal-hal baru pembelajaran demi peningkatan mutu dan hasil pembelajaran sehingga merangsang pikiran perhatian dan minat siswa bagi siswa hendaknya lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran dan dianjurkan untuk lebih sering berlatih berbicara khususnya bercerita sehingga dapat terampil dalam bercerita bagi sekolah hendaknya menyediakan dan melengkapi media pembelajaran untuk guru sebagai penunjang kegiatan pembelajaran di kelas sehingga kegiatan belajar mengajar berlangsung lebih maksimal dan menyenangkan bagi siswa dan bagi orang tua disarankan untuk memberikan stimulasi dengan membiasakan mengajak anak bercerita dan memberikan waktu yang lebih banyak untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan anak. ABSTRACT Aulia Kurniawati 2017. The Ability of Retelling Local Fairy Tales that are Read by Grade VII Students of SMP Taman Dewasa Probolinggo. Thesis Language Education Program Indonesian and Regional Literature. Counselor Prof. Dr. Heri Suwignyo M Pd. Keywords the ability of retelling local fairy tales This research is conducted to solve student s problems in reading local fairy tales at the first semester of grade 8. The standard competence used is point 4.11 about retelling the local fairy tales. The standard competence asks the teacher to teach students about how to retell local fairy tales very well by passing the minimum score standard. On the other hand the teacher of Bahasa Indonesia at 7 grade of SMP Taman Dewasa Probolinggo said that the students scores are below the minimum standard since most of them are lack confidence. Most of the students feel ashamed in doing public speaking. Then the students also complained to the teacher that they couldn t retell the story. The purpose of this research is to describe student s achievement in retelling local fairy tales at the VII grade students of SMP Taman Dewasa Probolinggo both in literature or non-literature aspects. Research method used in this research is descriptive quantitative. A descriptive quantitative research is used to describe facts that followed by explanation in the form of numbers. The research respondents are students of VII A and VII B at SMP Taman Dewasa Probolinggo. This research was done at the same day December 19th 2016. Then data collection method used in this research is performance scoring then the results was analyzed statistically. The analysis of the performance score was used to get students each aspect and overall mean score in retelling local fairy tales. The result of the research showed that students of VII grade at SMP Taman Dewasa Probolinggo achievement in retelling local fairy tales are still below the minimum standard score. The result showed that students mean score are 50 in which considered as low (0-59). The percentage of students score are as follows 1 student (1 2%) considered as very good 6 students (7 4%) considered as good 14 students (17 3%) considered as fair and 60 students (74 1%) considered as low. Those can be seen from the result of students score analysis both in literature or non-literature aspects. Students mean score in literature aspect is 50 3 while their mean score in non-literature aspect is 52 6. In qualification tables those score are considered as low. Thus the researcher provides some advice for the teacher to overcome that problem. They are conducting a classroom action research (CAR) in order to solve students problem in learning to retell local fairy tales. Then teacher should provide new teaching techniques or media to improve students score and quality of learning that make them more excited and interested during teaching and learning activity. Moreover students should try to be more active during the class by practicing their public speaking and retelling ability. Furthermore school should provide and add more interesting media for teachers so the teaching and learning activity become more fun and interesting. Lastly parents should give the students stimulus by asking them to tell about their day and built more communication with their children.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9622

Actions (login required)

View Item View Item