Batita, Ruri Hindaya (2017) Pengembangan video pembelajaran menelaah unsur kebahasaan teks puisi untuk siswa kelas VIII SMP / Ruri Hindaya Batita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Batita Ruri Hindaya. 2017. Pengembangan Video Pembelajaran Menelaah Unsur Kebahasaan Teks Puisi untuk Siswa Kelas VIII SMP. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Dawud M.Pd. Kata kunci video pembelajaran menelaah unsur kebahasaan teks puisi Video pembelajaran merupakan bahan ajar noncetak dalam format audiovisual berisi informasi pembelajaran yang membantu siswa dapat memahami materi secara langsung. Video pembelajaran dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran seperti pembelajaran menelaah unsur kebahasaan teks puisi. Menelaah unsur kebahasaan teks puisi merupakan salah satu kompetensi dasar pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP berdasarkan Kurikulum 2013 Edisi Revisi. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran menelaah unsur kebahasaan teks puisi yang layak dari aspek isi (materi) tampilan dan bahasa serta menguji kelayakan dan ketergunaan video tersebut dalam pembelajaran. Model penelitian pengembangan video pembelajaran unsur kebahasaan teks puisi mengadaptasi model penelitian Sadiman. Subjek coba pada penelitian pengembangan yaitu ahli materi puisi ahli media pembelajaran ahli praktisi atau guru bahasa Indonesia dan kelompok siswa. Subjek coba bertugas untuk memberikan penilaian terhadap kelayakan dan ketergunaan video. Data pada penelitian ini berupa jawaban verbal atas pertanyaan wawancara dan angket serta data angka atas penilaian angket dan tes hasil belajar. Penelitian pengembangan video pembelajaran unsur bahasa teks puisi ini menggunakan instrumen berupa pedoman wawancara angket dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dengan mencermati data verbal dan analisis kuantitatif dengan menghitung banyaknya skor jawaban dalam satu item pertanyaan angket serta perhitungan tes hasil belajar. Prosedur penelitian pengembangan video pembelajaran ini memiliki sembilan tahapan yaitu (1) mengidentifikasi kebutuhan (2) merumuskan tujuan materi dan alat ukur keberhasilan pembelajaran dan produk (3) menulis naskah video (4) memproduksi video pembelajaran (5) mengembangkan petunjuk pemanfaatan video (6) melakukan uji ahli atau validasi yang menghasilkan data video pembelajaran ini layak dari segi isi (materi) tampilan dan bahasa yang termuat di dalamnya (7) melakukan uji coba produk secara terbatas pada pembelajaran untuk menguji ketergunaan produk dengan hasil 92% siswa mampu lulus KKM atau video dapat digunakan sebagai media dalam pembelajaran (8) melakukan revisi sesuai dengan tanggapan komentar dan saran dari validator dan (9) memproduksi video akhir hasil revisi. Video pembelajaran yang telah direvisi selanjutnya dikemas dalam bentuk VCD/DVD untuk disebarluaskan dan digunakan dalam pembelajaran. Penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah video pembelajaran menelaah unsur kebahasaan teks puisi yang didasarkan pada kompetensi dasar 3.8 menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi. Video pembelajaran ini memuat materiii pengertian puisi karakteristik bahasa puisi unsur kebahasaan puisi dan langkahlangkah menelaah puisi. Pada masing-masing materi yang disampaikan dilengkapi dengan analisis contoh yang dapat membuat siswa mudah memahami konsep. Materi utama pada video pembelajaran ini ialah unsur kebahaan teks puisi. Unsur kebahasaan tersebut meliputi rima diksi citraan majas dan tipografi. Tujuan pembelajaran dengan menggunakan video pembelajaran ini ialah siswa mampu melakukan telaah terhadap unsur kebahasaan puisi yang meraka baca. Video pembelajaran ini merupakan kombinasi aspek visual dan audio. Video pembelajaran ini memiliki konsep tampilan perpaduan antara video riil dan video animasi dengan perbandingan 30 70. Video pembelajaran ini dibuat dengan memanfaatkan aplikasi Adobe After Effect dan Adobe Premiere Pro yakni software yang memungkinkan mengerjakan pengolahan video dengan berbagai animasi. Video pembelajaran ini dibagi atas tiga bagian bagian pembuka bagian inti dan bagian penutup. Bagian pembuka merupakan video riil yang berisi pengantar pembelajaran. Bagian inti dibagi atas tujuan pembelajaran pokok materi bahasan pembahasan materi dan refleksi. Bagian inti ditampilkan dengan konsep animasi yakni pada background dan tulisan materi yang mendukung audio. Bagian penutup berisi video klip musikalisasi puisi yang digunakan sebagai musik pengiring siswa mengejakan LKS serta credit title video. Video pembelajaran unsur kebahasaan teks puisi ini dikembangkan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah penulisan bahasa Indonesia serta memperhatikan aspek kemenarikan penyampaian. Penggunaan bahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah baik tulis maupun lisan disesuaikan dengan konsep sebuah video pembelajaran yang harus menyampaikan materi dengan jelas dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Video pembelajaran ini telah layak dari aspek materi tampilan dan bahasanya. Video pembelajaran ini juga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif sumber belajar siswa. Melalui penelitian dan pengembangan video pembelajaran ini diharapkan (1) guru mampu memberikan variasi penyampaian materi dalam pembelajaran salah satunya dengan menggunakan video pembelajaran (2) siswa dapat belajar secara mandiri dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar selain buku dan guru (3) adanya pengembangan produk berbasis video sebagai penyempurnaan video pembelajaran yang telah dikembangkan baik dari segi materi tampilan maupun bahasanya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9621 |
Actions (login required)
View Item |