Kritik moral dalam teks anekdot karya siswa kelas X SMA Negeri 1 Tumpang / Angga Prasetyo Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Kritik moral dalam teks anekdot karya siswa kelas X SMA Negeri 1 Tumpang / Angga Prasetyo Nugroho

Nugroho, Angga Prasetyo (2017) Kritik moral dalam teks anekdot karya siswa kelas X SMA Negeri 1 Tumpang / Angga Prasetyo Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nugroho Angga Prasetyo. 2017. Kritik Moral dalam Teks Anekdot Karya Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tumpang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultasn Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Heri Suwignyo M.Pd. Kata Kunci kritik moral teks anekdot karya siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya minat siswa terhadap pembelajaran teks anekdot apabila dibandingkan dengan pembelajaran teks lain dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Dalam Kurikulum 2013 Bahasa Indonesia kelas X terdapat Kompetensi Dasar (KD) memproduksi teks anekdot. KD tersebut mengindikasikan bahwa siswa harus mampu menguasai keterampilan menulis teks anekdot. Hal tersebut bertujuan agar siswa mampu mengenal memahami dan menulis teks anekdot. Karakteristik teks anekdot yang erat dengan muatan moral dapat digunakan oleh siswa untuk menuangkan pengamatannya terhadap perilaku sosial. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan muatan kritik moral dalam teks anekdot karya siswa kelas X SMA Negeri 1 Tumpang. Kritik terhadap moral tersebut meliputi kritik moral dalam hubungannya dengan (1) Tuhan Yang Maha Esa (2) diri sendiri (3) sosial (4) alam dan (5) kebangsaan. Selanjutnya penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan cara pengintegrasian kritik moral yang dapat dilihat dalam struktur isi teks anekdot yaitu (1) abstraksi (2) orientasi (3) krisis (4) reaksi dan (5) koda. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu kelas X Jurusan Matematika dan Ilmu Alam SMA Negeri 1 Tumpang. Data penelitian berupa teks asnekdot karya siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Instrumen kunci dalam penelitian ini yaitu peneliti sendiri serta instrumen penunjang berupa panduan analisis data. Analisis data dilakukan mulai tahap pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verivikasi. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan hasil sebagai berikut. Pertama terdapat lima kritik moral yang diintegrasikan dalam teks anekdot yang diproduksi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tumpang yaitu (1) kritik moral dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa yang berisi religiusitas (2) kritik moral dalam hubungannya dengan diri sendiri yang berisi kemandirian kejujuran daya juang dan kedisiplinan (3) kritik moral dalam hubungan sosial yang berisi sosialitas keadilan demokrasi dan tanggung jawab (4) kritik moral dalam hubungannya dengan alam meliputi peduli kebersihan lingkungan dan (5) kritik moral dalam kebangsaan meliputi cinta tanah air. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil sebagai berikut. Kritik moral paling banyak termuat pada teks anekdot karya siswa adalah kritik moral tanggung jawab (15 data). Selanjutnya kritik moral kejujuran (14 data) kedisiplinan dan sosialitas (13 data) kemandirian (11 data) dan peduli lingkungan (9 data). Setelah itu kritik moral religiusitas daya juang keadilan dan cinta tanah air sebanyak 7 data serta demokrasi (6 data). Berdasarkan kelima kritik moral yang diintegrasikan siswa dalam teks terdapat kritik moral yang paling banyak muncul yaitu kritik moral dalam hubungannya dengan diri sendiri yang dijabarkan dalam nilai kemandirian kejujuran daya juang dan kedisiplinan. Dalam praktiknya siswa kelas X SMA Negeri 1 Tumpang lebih mudah merealisasikan kritik moral yang dipahami dan sering diterapkan dalam kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu konsep kritik moral yang kurang dipahami siswa tidak terlalu banyak muncul dalam teks anekdot yang diproduksi. Kedua terdapat lima cara yang dapat digunakan siswa dalam mengintegrasikan kritik moral dalam teks anekdot yang diproduksi. Siswa mengintegrasikan kritik moral ke dalam lima bagian teks anekdot yaitu abstraksi orientasi krisis reaksi dan koda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kritik moral yang diintegrasikan pada bagian (1) abstraksi sebanyak 12 kritik (2) orientasi sebanyak 20 kritik (3) krisis sebanyak 31 kritik (4) reaksi sebanyak 32 kritik dan (5) koda sebanyak 14 kritik. Berdasarkan hasil tersebut siswa paling banyak mengintegrasikan kritik moral pada bagian reaksi dan krisis. Kedua bagian tersebut merupakan bagian yang esensial dalam teks anekdot karena merupakan bagian inti munculnya sindiran kritik atau keunikan dan tanggapan atau respons yang berupa sikap mencela atau menertawakan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa dalam satu teks terdapat satu atau lebih muatan kritik moral dalam struktur isi teks anekdot yang berbeda misalnya pada satu teks memuat kritik moral yang diintegrasikan pada bagian reaksi dan koda. Berdasarkan hasil penelitian tentang muatan kritik moral dalam teks anekdot karya siswa kelas X SMA Negeri 1 Tumpang disimpulkan sebagai berikut. (1) teks anekdot yang diproduksi siswa memuat kritik moral yang beragam (2) siswa lebih mudah merealisasikan kritik moral yang dipahami dan sering diterapkan dalam kehidupan sehari-hari (3) kritik moral dalam teks anekdot karya siswa mayoritas diintegrasikan pada bagian reaksi dan krisis dan (4) dalam satu teks memungkinkan terdapat lebih dari satu kritik moral yang dituangkan oleh siswa pada teks yang ditulis. Berkaitan dengan penelitian ini disarankan kepada beberapa pihak berikut. Pertama bagi praktisi pendidikan (guru) diharapkan agar mengajarkan nilai-nilai moral pada semua aspek pembelajaran khususnya bahasa Indonesia. Guru selaku model pembelajaran harus mampu menjadi teladan yang baik bagi siswa. Kritik moral terhadap penyimpangan moral seperti takut mengambil keputusan sesuai dengan kemampuannya dan tidak sanggup menerima realita kemenangan maupun kekalahan perlu diajarkan secara lebih mendalam pada siswa sehingga dapat terinternalisasi dengan baik dalam diri siswa tersebut. Kedua bagi peneliti lain diharapkan untuk meneliti penelitian serupa terkait kritik moral dalam teks sastra.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9613

Actions (login required)

View Item View Item