Putra, Sahlan Maulana Rozak Ghozali (2017) Kendala ambiguitas terhadap komprehensi menyimak teks eksplanasi siswa kelas XI Metro SMKN 8 Malang / Sahlan Maulana Rozak Ghozali Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Putra Sahlan Maulana Rozak Ghozali. 2017. Kendala Ambiguitas terhadap Komprehensi Menyimak Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMKN 8 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. H. A. Syukur Ghazali M.Pd Kata Kunci kendala ambiguitas ambiguitas leksikal ambiguitas gramatikal menyimak teks eksplanasi Ketaksaan (ambiguitas) adalah makna yang lebih dari satu. Ketaksaan itu disebabkan oleh antara lain (1) tidak hadirnya konjungsi atau preposisi (2) urutan unsur-unsurnya menyimpang dari urutan yang sudah lazim (3) penggunaan kata yang mengambigukan dan (4) intonasi/tekanan yang berbeda. Dilihat dari segi leksikal dan struktur kalimatnya ambiguitas dapat dibagi menjadi dua macam yaitu ambiguitas leksikal dan ambiguitas gramatikal. Dalam ambiguitas leksikal penggunaan kata sangat memengaruhi makna atau nilai dari sebuah kalimat. Ambiguitas gramatikal adalah macam ambiguitas yang penyebabnya adalah bentuk struktur kalimat yang dipakai. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan (1) ambiguitas leksikal dan (2) ambiguitas gramatikal yang menyulitkan siswa kelas XI Metro SMKN 8 Malang dalam komprehensi menyimak teks eksplanasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena penelitian ini berusaha mengungkap kendala ambiguitas terhadap komprehensi menyimak siswa yang dapat terjadi dalam pembelajaran menyimak teks eksplanasi kompleks. Data penelitian berupa video dan soal-soal pilihan ganda berisi pertanyaan tentang kata atau kalimat yang mengandung ambiguitas leksikal berupa kata yang maknanya bergantung kontekd dan istilah asing atau ambiguitas gramatikal yang memiliki rapatan sematan dan elipsis. Pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumen yang berupa soal-soal pilihan ganda yang berisi pertanyaan tentang kata atau aklimat yang ambigu yang telah dijawab oleh siswa. Ambiguitas leksikal disebabkan kata-kata bahasa asing yang jarang didengar dan kata-kata yang maknanya berubah berdasarkan konteks kalimat. Ambiguitas gramatikal disebabkan transformasi tunggal transformasi rapatan transformasi sematan dan elipsis. Ambiguitas berpengaruh terhadap komprehensi menyimak siswa. Saran peneliti bagi siswa agar ambiguitas leksikal tidak menjadi kendala dalam komprehensi menyimak siswa perlu mencatat kata-kata atau isitilah-istilah asing yang jarang didengar atau dibaca lalu mencari maknanya di dalam KKBI. Agar ambiguitas gramatikal tidak menjadi kendala dalam komprehensi menyimak siswa perlu lebih sering berlatih menganalisis struktur kalimat. Saran bagi guru perlu lebih sering melatih siswa tentang pemenggalan kalimat agar dapat memahami dengan baik makna kalimat yang didengar atau dibaca dan guru perlu mencari teks yang tidak memiliki ambiguitas leksikal agar siswa atau pendengar tidak terkecoh. Saran bagi peneliti lain gunakan video yang kecepatan berbicaranya sesuai kecepatan normal yaitu 125 150 kata/detik atau kecepatan yang dibawah kecepatan normal dan jangan menggunakan data berupa kata ambigu yang bercampur dengan kata yang sulit.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9611 |
Actions (login required)
View Item |