Hubungan kemampuan literasi dasar dan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas X SMAN 2 Malang / Risa Yanuarti Sholihah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kemampuan literasi dasar dan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas X SMAN 2 Malang / Risa Yanuarti Sholihah

Sholihah, Risa Yanuarti (2017) Hubungan kemampuan literasi dasar dan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas X SMAN 2 Malang / Risa Yanuarti Sholihah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sholihah Risa Yanuarti. 2017. Hubungan Kemampuan Literasi Dasar dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMA Kelas X SMAN 2 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Muakibatul Hasanah M.Pd . Kata Kunci kemampuan literasi prestasi belajar hubungan Literasi dasar merupakan kemampuan membaca dan menulis yang saat ini sangat dibutuhkan siswa dalam pembelajaran di sekolah. Untuk memperoleh hasil belajar yang maksimal siswa perlu menggunakan kemampuan literasinya secara maksimal. Hasil pengukuran literasi siswa di Indonesia dapat dilihat dari beberapa penelitian. PISA mengukur prestasi literasi membaca matematika dan sains siswa sekolah berusia 15 tahun. Penentuan sampel PISA berdasarkan tiga strata yaitu jenis sekolah (SMP/MTs/SMA/MA/SMK) status sekolah (Negeri/Swasta) dan performansi sekolah (Baik/Sedang/Kurang). Hasil penelitian PISA tahun 2012 menunjukkan kemampuan literasi membaca matematika dan sains siswa Indonesia menempati urutan terburuk kedua dari 65 negara dan pada tahun 2015 Indonesia menempati urutan ke-6 dari 72 negara. Selain itu berdasarkan survei UNESCO tahun 2012 minat baca masyarakat Indonesia baru mencapai 0 001. Artinya pada setiap 1.000 penduduk hanya satu orang saja yang memiliki minat baca. Dapat disimpulkan bahwa literasi siswa Indonesia berbeda jauh dengan negara-negara lain. Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) kemampuan literasi dasar siswa kelas X SMAN 2 Malang (2) prestasi belajar siswa kelas X SMAN 2 Malang dan (3) hubungan kemampuan literasi dasar terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMAN 2 Malang khususnya pada pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 2 Malang sebanyak 344 siswa sedangkan sampel penelitian ini sebanyak 120 siswa yang diambil dari kelas X IPA 1 IPA 2 IPS 1 IPS 2 dan Bahasa 2. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Uji coba instrumen dilakukan sebelum instrumen digunakan. Data diperoleh dari hasil uji instrumen tes dan angket serta nilai rata-rata Bahasa Indonesia siswa semester gasal. Teknik analisis data dilakukan menggunakan program SPSS 16.0 for Windows dalam menguji data meliputi uji prasyarat dan uji korelasional. Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama skor rata-rata kemampuan literasi dasar siswa kelas X adalah 78 30% yang meliputi kemampuan (1) menerima informasi sebesar 79 60% (2) membentuk pemahaman yang luas sebesar 73% (3) mengembangkan interpretasi sebesar 76 70% (4) merefleksi dan mengevaluasi isi teks sebesar 87% dan (5) merefleksi dan mengevaluasi bentuk teks sebesar 75%. Kedua skor rata-rata prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa semester gasal tahun pelajaran 2016/2017 adalah 81 7% yang meliputi (1) IPA 1 sebesar 81 2% (2) IPA 2 sebesar 82 9% (3) IPS 1 dengan nilai 80 7% (4) IPS 2 sebesar 79 8% dan (5) Bahasa 2 sebesar 84%. Ketiga hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 0 028 0 05 dan rhitung 0 201 0 151 rtabel. Dengan demikian terdapat hubungan positif antara variabel kemampuan literasi dasar dan variabel prestasi belajar. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi dasar siswa sebesar 78 3% tergolong baik prestasi belajar bahasa Indonesia sebesar 81 7% tergolong baik dan terdapat hubungan positif antara kemampuan literasi dasar dan prestasi belajar siswa SMAN 2 Malang. Dari hasil penelitian tersebut peneliti menyarankan kepada (1) guru Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan literasi dasar siswa melalui tes dan (2) peneliti lain untuk menjadikan hasil penelitian ini sebagai masukan dalam melakukan penelitian lain terkait literasi dasar dan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9610

Actions (login required)

View Item View Item