Hidayat, Nurul (2017) Kualitas teks puisi karya siswa kelas VIII MTs Yaspuri Malang / Nurul Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hidayat Nurul. 2017. Kualitas Teks Puisi Karya Siswa Kelas VIII MTs Yaspuri Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Heri Suwignyo M.Pd. Salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam menulis adalah dengan pembelajaran menulis Puisi. Menulis puisi merupakan hasil ungkapan perasaan yang dituangkan melalui kata-kata/bahasa yang sengaja dipilih. Media dalam pembelajaran menulis puisi ini menggunakan teknik penggunaan gambar lukisan dinding sebagai sarana upaya meningkatkan kreatifitas siswa dalam menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas teks puisi karya siswa kelas VIII MTs Yaspuri Malang meliputi kualitas penggunaan bunyi kata larik bait dan tipografi dalam puisi. Proses penulisan puisi siswa menulis puisi berdasarkan lukisan dinding yang ada dalam kelas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara angket dokumen tugas siswa dan dokumentasi penelitian. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII MTs Yaspuri Malang. Teks puisi karya siswa menunjukkan bahwa kualitasdalam penggunaan bunyi dalam puisi siswa terdapat kombinasi bunyi. Bunyi-bunyi yang dihasilkan cukup indah. Bunyi rima yang sempurna itu tampak pada teks puisi karya siswa selain itu tampak adanyabunyi yang menuansakan kebahagian maupun kesedihan. Pada puisi karya siswa penggunaan kata dalam teks puisi kata-kata yang digunakan memiliki kesesuaian dengan tema yang ditentukan dalam pedoman tugas menulis puisi. Dalam puisi karya siswa tampak adanya simbol dan lambang. Penggunaan larik dan bait dalam puisi karya siswa terdiri darilarik-larik yang memiliki kesatuan makna.Selanjutnya larik-larik yang dibentuk menjadi bait dalam puisi tersebut memiliki kesatuan pokok pikiran pada setiap bait. Dalam puisi karya siswa tampak bait-bait puisi dengan bentuk penulisan indah. Disarankan kepada guru media pembelajaran berupa lukisan dinding dalam kelas dikembangkan dengan menggunakan beberapa variasi sehingga memberikan daya tarik yang kuat pada siswa. Disarankan agar siswa menulis puisi berdasarkan lukisan dinding dalam kelas. ABSTRACT Hidayat Nurul. 2017. Quality Text of Student Poetry of Class VIII MTs Yaspuri Malang. Thesis Department of Indonesian Literature Faculty of Letters State University of Malang. Counselor Prof. Dr. Heri Suwignyo M.Pd. One way to improve the creativity of students in writing is by learning to write Poetry. Writing poetry is the result of the expression of feeling poured through words / languages that are deliberately chosen. Media in learning to write this poem using the technique of using wall painting as a means an effort to improve students creativity in writing poetry. This study aims to describe the quality of poetry text by grade VIII students MTs Yaspuri Malang including the quality of sound words lines verses and typography in poetry. The process of writing poetry students write poetry based on the existing wall paintings in the classroom. This research uses qualitative research type data collecting technique used is observation interview questionnaire student duty document and research documentation. Sources of data in this study are students of grade VIII MTs Yaspuri Malang. The poetry text of the students shows that the quality in the use of sound in the student s poem is a combination of sounds. The sounds produced are quite beautiful. The perfect rhyme sound appears in the poetry text of the student s work in addition there is a sound that there likes happiness and sadness. In the student s poetry the use of words in poetical texts the words used are in conformity with the theme prescribed in the guidelines for the task of writing poetry. In the student s poetry there are symbols and symbols. The use of arrays and stanzas in student poetry consists of rows that have a unity of meaning. Furthermore the arrays formed into stanzas in the poem have a central unity in each verse. In poetry the work of students looks poems of poems with beautiful writing form. Suggested to the teacher learning media in the form of wall paintings in the classroom developed by using several variations so as to provide a strong attraction to students. It is recommended that students write poetry based on frescoes in the classroom. KATA PENGANTAR Puji syukur di panjatkan pada Allah SWT yang selalu melimpahkan rahmat taufiq dan hidayah-Nya sehingga skripsi ini dapat diselesaikan. Dalam proses penyelesaian skripsi ini penulis banyak menemui halangan dan rintangan banyaknya bantuan dan dukungan yang telah penulis peroleh dari berbagai pihak maka skripsi ini dapat terselesaikan. Oleh karena itu dalam kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada 1.Prof. Dr. Heri Suwignyo M.Pd dosen pembimbing I dan pembimbing akademi yangtelah memberikanpengarahan dan bimbingankepada penulis baik dalam pelaksanaan penelitian maupun penulisan skripsi. 2.Dr. Roekhan M.Pd dosen Penguji I yang banyak memberikan evaluasi terhadap penulisan skripsi ini. 3.Dr. Nita Widiati M.Pd dosenpenguji II yang banyak memberikanevaluasiterhadappenulisan skripsiini. 4.Kepada keluarga besar Universitas Negeri Malang khususnya Bapak Ibu Dosen fakultas sastra yang telah memberikan ilmu bimbingan arahan serta dukungan selama kuliah. 5.Kepada Keluarga besar lembaga pendidikan MTs Yaspuri Malang yang telah memberikan informasi mengenai data-data yang diperlukan dalam penelitian. 6.Kedua orang tua tercinta Bapak Abd. Halim dan Ibu Emmyah yang selalu memberikan doa kasih sayang motivasi serta dukungan moril dan materil. 7.Kepada keluarga besar tercinta yang selalu memberikan doa serta dukungan moril dan materil. 8.Semua pihak yang membantu dalam proses penyusunan skripsi ini dan 9.Berbagai pihak yang tidak mungkin disebutkan satu per satu. Penulis menyadari skripsi ini masih jauh dari kata sempurna. Untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan oleh penulis. Semoga skripsi ini membawa manfaatbagi semua. Malang 19 Mei 2017 Penulis Nurul Hidayat
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9607 |
Actions (login required)
View Item |