Peningkatan kemampuan menulis puisi ekspresi diri dengan media lagu pada siswa kelas X IIS 5 SMA Negeri 1 Lawang / Haykal Helmy - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis puisi ekspresi diri dengan media lagu pada siswa kelas X IIS 5 SMA Negeri 1 Lawang / Haykal Helmy

Helmy, Haykal (2017) Peningkatan kemampuan menulis puisi ekspresi diri dengan media lagu pada siswa kelas X IIS 5 SMA Negeri 1 Lawang / Haykal Helmy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Helmy Haykal. 2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Ekspresi Diri dengan Media Lagu pada Siswa Kelas X IIS 5 SMA Negeri 1 Lawang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Yuni Pratiwi M. Pd. Kata kunci kemampuan menulis puisi puisi ekspresi diri media lagu. Kemampuan menulis puisi adalah kecakapan dalam mengekspresikan imajinasi perasaan dan pikiran dengan menggunakan pilihan kata kata-kata kias yang memiliki makna dan amanat dari suasana yang diciptakan melalui puisi dengan memanfaatkan unsur-unsur puisi dan harus melalui latihan dan praktik secara teratur. Puisi ekspresi diri merupakan bentuk karya sastra modern yang mengekspresikan pemikiran diri sendiri membangkitkan perasaan dan merangsang imajinasi panca indera dalam susunan yang berirama. Bahasa yang digunakan dipilih dan ditata secara cermat ke dalam rangkaian kata-kata yang disusun dengan memperhatikan gagasan atau ide tema isi diksi majas dan ejaan sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalamannya. Pembelajaran menulis puisi sudah diajarkan kepada siswa kelas X IIS 5 SMA Negeri 1 Lawang sesuai dengan kurikulum 2013. Terkait dengan pembelajaran menulis puisi di sekolah tersebut dilakukan studi pendahuluan atau tahap pratindakan dengan hasil bahwa (1) siswa kurang mampu menuangkan ide imajinasi pengalamannya dan kata-kata ke dalam sebuah kalimat yang baik saat menulis puisi (2) siswa kurang memahami tentang langkah-langkah menulis puisi dengan baik dan benar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia (3) siswa kurang konsentrasi terhadap pembelajaran karena media yang digunakan kurang menarik. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu diadakannya pembelajaran dengan penggunaan media lagu untuk lebih mengkhususkan pokok persoalan dalam menulis puisi ekspresi diri. Media lagu dipilih karena media lagu dapat membantu siswa menuangkan ide imajinasi pengalamannya kata-kata ke dalam puisi (sebagai stimulus) dan lagu yang disediakan mampu menarik minat siswa untuk belajar menulis puisi. Tujuan umum penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan proses kemampuan menulis puisi ekspresi diri dengan menggunakan media lagu pada siswa kelas X IIS 5 SMA Negeri 1 Lawang (2) mendeskripsikan peningkatan hasil kemampuan menulis puisi ekspresi diri dengan menggunakan media lagu pada siswa kelas X IIS 5 SMA Negeri 1 Lawang. Secara khusus penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi ekspresi diri siswa kelas X IIS 5 SMA Negeri 1 Lawang pada aspek (1) gagasan atau ide (2) isi (3) diksi (4) tema (5) majas serta (6) ejaan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi empat tahapan yaitu (1) pratindakan (2) perencanaan tindakan (3) pelaksanaan tindakan (4) refleksi hasil tindakan. Data penelitian ini berupa data proses dan data hasil. Data proses berupa perilaku siswa saat proses pembelajaran menulis puisi ekspresi diri yang dilakukan siswa dan guru di kelas sedangkan data hasil berupa skor kemampuan menulis puisi ekspresi diri siswa. Pengumpulan data proses dilakukan dengan observasi menggunakan lembar observasi catatan lapangan dan rubrik penilaian proses sedangkan data hasil dilakukan dengan tes yang dinilai menggunakan rubrik penilaian hasil menulis puisi. Data proses dan data hasil yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menyeleksi mengoreksi menskor dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media lagu mampu meningkatkan kinerja pembelajaran menulis puisi ekspresi diri pada proses dan hasil pembelajaran. Peningkatan proses tergambar (1) siswa lebih antusias dalam melaksanakan intruksi latihan dan melaksanakan tugas dengan tepat waktu (2) siswa lebih antusias dan serius dalam mengerjakan tes menulis puisi ekspresi diri (3) siswa perhatian dalam mendengarkan penjelasan guru (4) siswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam pembelajaran menulis puisi ekspresi diri. Peningkatan hasil terlihat pada aspek (1) siswa mampu memilih gagasan atau ide dengan tepat dan sesuai antara tema puisi dengan gagasan atau ide (2) siswa mampu menggambarkan isi dengan tepat dan sesuai antara tema puisi dengan keseluruhan isi puisi baik tersirat maupun tersurat (3) siswa mampu memilih tema yang tepat dan sesuai antara tema puisi dengan judul dan keseluruhan isi puisi (4) siswa mampu memilih kata atau diksi dengan tepat sesuai konteks mengandung bahasa konotasi (banyak makna) dan memiliki nilai estetis yang tinggi (5) siswa mampu menggunakan majas dengan tepat dan memiliki variasi majas yang beragam dan (6) siswa mampu menulis ejaan dengan tepat dan sesuai dengan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI). Peningkatan proses dan hasil pembelajaran menulis puisi ekspresi diri diikuti pula dengan peningkatan nilai hasil belajar siswa dalam menulis puisi ekspresi diri. Pada tahap pratindakan nilai rata-rata siswa 65 41 pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah 68 84 dan pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 79 16. Penggunaan media lagu dalam pembelajaran menulis puisi ekspresi diri mampu meningkatkan kemampuan menulis puisi dengan dilihat dari beberapa aspek menulis puisi. Media lagu mampu menarik perhatian siswa dan menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan. Lagu dalam media lagu disesuaikan dengan tema perasaan atau ekpresif penjelasan guru membantu siswa dalam mengerjakan tes yang sekaligus membantu pemahaman siswa tentang langkah-langkah menulis puisi. Pemberian contoh secara langsung dalam setiap tahapan menulis bimbingan individu merata pemberian waktu yang cukup pemberian penguatan secara verbal dan nonverbal yang diberikan guru menjadi motivasi siswa dalam menulis puisi. Berdasarkan temuan penelitian tersebut guru disarankan agar memberikan pembelajaran dengan metode dan media lagu yang dapat menumbuhkan minat siswa dalam menulis puisi serta dibutuhkan keikutsertaan guru untuk mengajak siswa membaca karya sastra sebanyak mungkin terutama puisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9605

Actions (login required)

View Item View Item