Sucipto, Fera Ayu Fitamala Imam (2017) Penggunaan preposisi dalam karangan siswa kelas VII SMP Negeri 8 Malang / Fera Ayu Fitamala Imam Sucipto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sucipto F. A. F. I. 2017. Penggunaan Preposisi dalam Karangan Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Sumadi M.Pd. Kata Kunci Preposisi Karangan. Preposisi merupakan unsur yang sangat penting dalam pembentukan kalimat karena dengan hadirnya preposisi makna kalimat menjadi jelas. Preposisi adalah kata tugas yang bertugas sebagai unsur pembentuk frasa preposisional Berdasarkan kenyataan di sekolah siswa belum sepenuhnya menguasai penggunaan preposisi dalam karangan. Penelitian ini difokuskan pada penggunaan preposisi dalam karangan siswa kelas VII SMP Negeri 8 Malang. Fokus penelitian dirumuskan dalam dua sub fokus yaitu preposisi yang digunakan dalam karangan siswa kelas VII SMP Negeri 8 Malang dan ketepatan penggunaan preposisi dalam karangan siswa kelas VII SMP Negeri 8 Malang. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Berdasarkan pendekatan yang digunakan penelitian ini disusun menggunakan jenis penelitian studi teks. Data dalam penelitian ini berupa preposisi dalam karangan karya siswa sedangkan sumber data dalam penelitian ini berupa karangan siswa kelas VII SMP Negeri 8 Malang. Penelitian ini menggunakan instrumen pendukung yang berupa lembar tugas menulis karangan untuk menumpulkan data. Pengumpulan data dilakukan melaui lima langkah yaitu (1) memberikan tugas karangan (2) menjelaskan setiap perintah pada lembar kersa siswa (3) memberikan kesempatan bertanya (4) mempersilahkan siswa menulis karangan dan (5) mengumpulkan lembar kerja siswa. Teknik analisis yang digunkan adalah model alir yang diadaptasi dari data kualitatif yang terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analis data maka diketahui bahwa preposisi yang digunakan ada tiga yaitu preposisi yang berupa kata dasar preposisi yang berupa gabungan kata dan preposisi yang berasal dari kata lain. Preposisi yang berupa kata dasar yaitu di untuk bagi dengan dari dalam akan seperti pada antara ke karena sejak dan oleh preposisi yang berupa gabungan kata berderet yaitu di dalam di atas daripada karena dengan ke dalam oleh karena kepada dan selain untuk gabungan kata berpasangan yaitu di untuk di...dari ke seperti dari sampai di karena dari dalam di dengan untuk dari untuk di dengan untuk akan dari untuk kepada untuk dalam dengan seperti karena di untuk ke berkat dalam karena dalam bagi dalam untuk dengan dari ke ke untuk kepada karena dan pada di serta preposisi berasal dari kata lain yaitu terhadap dan menurut.Ketepatan dan ketidaktepatan penggunaan preposisi juga dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu cara menuliskan preposisi cara menggunakan preposisi dan kesesuaian serta ketidaksusuaian konteks dalam sebuah kalimat. Berdasarkan hasil penelitian maka saran yang ditujukan kepada guru yaitu sebagai acuan dalam pembelajaran di dalam kelas sebagai upaya untuk memaksimalkan materi pembelajaran mengenai preposisi. Untuk peneliti selanjutnya dapat dijadikan sebagai salah satu bahan rujukan dalam sebuah penelitian dan juga bisa melakukan penelitian yang sejenis namun dengan variabel yang berbeda. Dengan mengambil data yang lebih luas maka akan dihasilkan penelitian tentang preposisi Bahasa Indonesia yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9603 |
Actions (login required)
View Item |