Sari, Feni Fenulya (2017) Penggunaan penanda kohesi dalam teks pidato karya siswa kelas IX MTs Negeri Batu / Feni Fenulya Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sari FeniFenulya.2017. PenggunaanPenandaKohesidalamTeksPidatoKaryaSiswaKelas IX MTs NegeriBatu.Skripsi. Program StudiPendidikanBahasa Sastra Indonesia dan Daerah JurusanSastra Indonesia FakultasSastra UniversitasNegeri Malang. Pembimbing Drs. PideksoAdi M.Pd. Kata Kunci penandakohesi tekspidato. Penggunaanbahasadalammenulisnaskahpidatomerupakanhal yang perludiperhatikan. Luasnyapembendaharaan kata olehsiswa SMP dalammenuangkangagasanberupawacanatulisdibutuhkanadanyapemahaman yang cukupterhadapunsur-unsur yang membuat kata ataukalimattersebutpadu. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenggunaankohesigramatikaldanleksikal yang adadalamtekspidatokaryasiswa untukdiketahuikepaduanpenggunaannya. Jenjang yang dipilihuntukpenelitian yaknikelas IX. Teks yang ditelitiadalahtekspidato. Penelitianinidifokuskanpada (1) penandakohesigramatikal (2) penandakohesileksikal. Pendekatan yang digunakanadalahpendekatankualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif. Teknik yang digunakanadalahstudidokumentasi. Data penelitianiniberwujudpenandakohesigramatikaldanleksikal yang adadalamtekspidatokaryasiswa. Sumber data berupatekspidatosiswakelas IX MTs NegeriBatu. Langkah-langkahpengumpulan data meliputi (1) menyusunpedomantelaahteksberupatabel (2) memasukkanhasilidentifikasipenggunaanpenandakohesi (3) menerapkaninstrumendengancaramengutipbagian yang dimaksuduntukdimasukkandalamtabelanalisis dan (4) memberikodepadateks yang dikumpulkan. Teknikanalisis data padapenelitianiniterdiriatas (1) reduksi data (2) penyajian data (3) penarikankesimpulan. Pengecekankeabsahantemuandilakukandenganpemeriksaantemansejawatdantriangulasiahli. Triangulasiahlidilakukandengandosenpembimbinguntukmengurangikesalahandalampengumpulan data. Berdasarkananalisis data diperolehhasilpenelitianberikut.Pertama penandagramatikal yang ditemukanadalahgramatikalreferensi substitusi dankonjungsi.Penandareferensidikelompokkanmenjadireferensi personal demonstrativa dankomparatif.Penandareferensi yang banyakditemukanadalahreferensi personal.Penandasubstitusi yang ditemukanadalahsubstitusi verbal.Penandakonjungsi yang banyakditemukanadalahkonjungsipenambahan.Kedua unsurpenandakohesileksikal yang ditemukanadalahpenandakohesileksikalpengulangan (repetisi) dankolokasi.Penandaleksikalpengulangan yang paling banyakditemukandalamtekspidatoadalahpengulanganpenuh.Penandakohesikolokasitidakterlalubanyakditemukan.Berdasarkantemuanpenelitian yang telahdipaparkan dapatdisimpulkan yaknipenandakohesigramatikal ellipsis tidakditemukandalamtekspidato.Penandakohesileksikalpengulangandikelompokkanlagimenjadipengulanganpenuhdanpengulangansebagian.Penandakohesileksikal yang banyakdigunakanadalahpengulanganpenuh.Pengulangansebagianhanyaterdapatbeberapasaja.Penandakohesileksikalkolokasijugabanyakdigunakandalamtekspidato. Penelitimemberikan saran pada guru matapelajaranBahasa Indonesia danpenelitiselanjutnya.Guru perlumemberikanpemantapanmateripenandakohesigramatikaldanleksikal. Kekurangansiswadalampemahamankohesigramatikalterletakpadapenempatankonjungsi.Padapenandakohesileksikalkekurangansiswaterletakpadapenggunaankolokasi.Bagipenelitiselanjutnyasebaiknyabanyakmembacasumberrujukan terutamarujukanterkaitdenganpenandakohesigramatikaldanleksikal.Berdasarkanpenelitianpenandakohesitersebut dapatdilakukanpenelitian lain yang mendekati yaknikesalahanpenempatankonjungsiantarkalimatdanintrakalimatjugaketidakmunculan ellipsis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9595 |
Actions (login required)
View Item |