Kemampuan menulis puisi dengan rangsang media lagu siswa kelas VIII SMP Kristen 1 YPK Malang / Isbat Baun - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan menulis puisi dengan rangsang media lagu siswa kelas VIII SMP Kristen 1 YPK Malang / Isbat Baun

Baun, Isbat (2015) Kemampuan menulis puisi dengan rangsang media lagu siswa kelas VIII SMP Kristen 1 YPK Malang / Isbat Baun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Baun Isbat. 2014. Kemampuan Menulis Puisi dengan Rangsang Media Lagu Siswa Kelas VIII SMP Kristen 1 YPK Malang 2013/2014. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Suyono. M Pd. Kata kunci kemampuan menulis puisi rangsang media lagu. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Kristen 1 YPK Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa puisi. Data dalam penelitian ini berupa nilai tentang kemampuan menulis puisi dilihat dari segi (1) pilihan kata (diksi) (2) pengimajian (citraan) dan (3) gaya bahasa (majas). Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas. Kelas yang dijadikan sampel penelitian adalah kelas VIII-B yang memiliki jumlah siswa sebanyak 14 siswa. Instrumen penelitian berupa pedoman penyekoran puisi. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan lembar perintah menulis puisi sebelum menulis puisi siswa diminta mendengarkan lagu yang dinyanyikan oleh Iwan Fals yang berjudul Ibu. Analisis data dilakukan dalam tiga langkah yaitu (1) persiapan (2) pengodean dan (3) penilaian. 12288 12288 12288 Hasil analisis dan pembahasan kemampuan menulis puisi dengan rangsang media lagu siswa kelas VIII SMP Kristen 1 YPK Malang dilihat dari segi pilihan kata (diksi) sebesar 64 29% atau sebanyak 9 siswa sudah mampu mencapai nilai 8805 70 (SKM) dan siswa yang belum mampu mencapai nilai 8805 70 sebesar 35 71% atau sebanyak 5 siswa. Dari segi pengimajian (citraan) sebesar 71 42% atau sebanyak 10 siswa sudah mampu mencapai nilai 8805 70 (SKM) dan siswa yang belum mampu mencapai nilai 8805 70 sebesar 28 58% atau sebanyak 4 siswa. Dari segi gaya bahasa (majas) sebesar 57 14% atau sebanyak 8 siswa sudah mampu pencapaian nilai 8805 70 (SKM) dan siswa yang belum mampu mencapai nilai 8805 70 sebesar 42 84% atau sebanyak 6 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada ketiga segi masih ada siswa yang belum mampu mencapai SKM terutama pada gaya bahasa (majas). Oleh karena itu disarankan kepada kepala sekolah untuk menerapkan penelitian tindakan kelas agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan dapat mengetahui kelemahan pembelajaran. Saran untuk guru sebaiknya guru banyak referensi tentang topik yang akan diajarkan sehingga siswa memiliki banyak cara untuk memberikan hasil yang terbaik. Kemudian saran untuk peneliti lain untuk mengkaji kemampuan yang sama dengan kompetensi dasar yang berbeda atau meningkatkan kemampuan siswa pada fokus yang sama dengan penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9574

Actions (login required)

View Item View Item