Baun, Moh Faizal (2014) Kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII A SMP YPK Malang tahun pelajaran 2013/2014 / Moh Faizal Baun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Baun Moh Faizal. 2014. Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII A SMP YPK Malang. Skripsi Jurusan Bahasa Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Roekhan M. Pd. Kata Kunci kemampuan menulis naskah drama. 12288 12288 12288 12288 Karya sastra meliputi puisi prosa dan drama. Ketiga bentuk karya sastra tersebut masuk dalam materi Bahasa Indonesia SMP. Setiap guru Bahasa Indonesia mempunyai kewajiban menjalankan pembelajaran tersebut kepada siswa. Salah satu pembelajaran sastra di SMP adalah pembelajaran menulis naskah drama. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan menulis naskah drama siswa SMP YPK Kelas VIII A Malang. Penelitian ini difokuskan pada kemampuan menulis naskah drama dari segi alur dialog dan kelayakan pementasan. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 15 siswa dan berupa teks naskah drama yang ditulis oleh siswa. Akan tetapi pada saat penelitian tes kemampuan menulis naskah drama terdapat 1 siswa yang tidak datang sehingga jumlah sampel penelitian ini menjadi 14 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data adalah selembar soal yang berisi tugas untuk siswa agar menulis sebuah naskah drama sesuai dengan pengalaman pribadi masing-masing. Analisis data yang dilakukan dengan langkah-langkah berikut (1) persiapan (2) pengkodean (3) penilaian dan (4) penafsiran. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan analisis data kemampuan menulis naskah drama dari segi alur 3 siswa (21 4%) yang mencapai kualifikasi sangat baik kualifikasi baik 2 siswa (14 2%) kualifikasi kurang 5 siswa (35 7%) dan 4 lainnya (28 7%) mencapai kualifikasi sangat kurang. Pengumpulan data ini dilakukan pada tanggal 14 Mei 2014 di SMP YPK Malang. Kemampuan menulis naskah drama dari segi dialog atau percakapan menunjukkan 1 siswa (7 1%) mencapai kualifikasi sangat baik 3 siswa (21 4%) mencapai kualifikasi baik dan kualifikasi kurang dicapai oleh 4 siswa (28 7) sedangkan 6 siswa (42 8%) mencapai kualifikasi sangat kurang. Dari segi kelayakan pementasan tidak ada satupun siswa yang mencapai kualifikasi sangat baik. Kualifikasi baik sebanyak 1 siswa (7 1%) kualifikasi kurang sebanyak 7 siswa (50%) dan 6 siswa (42 8%) mencapai kualifikasi sangat kurang. 12288 12288 12288 12288 12288 Jadi pada dasarnya masih diperlukan pembelajaran tentang menulis naskah drama yang lebih intensif sehingga siswa bisa lebih baik dalam menulis sebuah naskah drama. Kemudian saran bagi peneliti lain temuan penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan dalam melakukan penelitian sejenisnya atau bagi peneliti yang lain yang ingin mengkaji kemampuan yang sama dengan kompetensi dasar yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Nov 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9573 |
Actions (login required)
View Item |