Surey, Rahman (2014) Kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII-B SMP Kristen 1 YPK Malang tahun ajaran 2013/2014 / Rahman Surey. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Surey Rahman. 2014. Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa SMP Kristen 1 YPK Malang. Skripsi Jurusan Bahasa Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Suyono M.Pd 12288 12288 12288 12288 Kata Kunci kemampuan menulis teks berita 12288 12288 12288 12288 Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa selain mendengarkan berbicara dan membaca. Keterampilan menulis digunakan dengan tujuan agar siswa mempunyai kemampuan dalam menuangkan ide gagasan pikiran pengalaman dan pandangan dengan benar. Sebagai suatu keterampilan kegiatan menulis haruslah dilatih secara benar dan terus menerus (Romli 2003 52). Hal ini disebabkan menulis membutukan waktu yang cukup dan harus dilakukan secara berkesinambungan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks berita dilihat dari aspek judul berita teras berita tubuh berita dan bahasa. 12288 12288 12288 12288 Data dalam penelitian berupa skor kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII-B SMP Kristen 1 YPK Malang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam proses penelitian ini adalah tes tulis dan panduan penilaian menulis teks berita Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah berikut (1) persiapan (2) pengkodean dan (3) penilaian. 12288 12288 12288 12288 Hasil analisis pada aspek judul berita menunjukkan bahwa semua siswa (100%) berhasil mencapai/melewati SKM. Secara rinci sebanyak 7 siswa (50%) tergolong kualifikasi Sangat Mampu 5 siswa (36%) tergolong kualifikasi Mampu dan 2 siswa (14%) tergolong kualifikasi Cukup. Pada aspek teras berita siswa yang nilainya berada di bawah SKM lebih banyak daripada yang di atas SKM yakni 8 siswa (57%) yang masih tergolong kualifikasi Belum Mampu. Sedangkan yang berada di atas SKM berjumlah 6 siswa (43%) yang terdiri atas 1 siswa (7%) mencapai kualifikasi Sangat Mampu 1 siswa (7%) mencapai kualifikasi Mampu dan 4 siswa (29%) mencapai kualifikasi Cukup. Pada aspek tubuh berita semua siswa (100%) berhasil melewati SKM dengan rincian 9 siswa (64%) pada kualifikasi Sangat Mampu 4 siswa (29%) pada kualifikasi Mampu dan 1 siswa (7%) pada kualifikasi Cukup. Pada aspek bahasa 13 siswa (93%) berhasil melewati SKM dengan rincian 4 siswa (29%) mencapai kualifikasi Mampu dan 9 siswa (64%) mencapai kualifikasi Cukup. Sementara itu 1 siswa lainnya (7%) masih berada di bawah SKM tepatnya pada kualifikasi Belum Mampu. 12288 12288 12288 12288 Secara umum siswa sudah mampu menulis teks berita. Hanya saja masih ada beberapa kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Pertama sebagian besar siswa belum mampu membedakan antara judul berita dan teras berita. Kedua pada aspek bahasa masih banyak kesalahan yang dilakukan siswa baik pada pengunaan kalimat efektif ejaan maupun pengembangan paragraf. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan kenyataan tersebut guru Bahasa Indonesia dan pihak sekolah disarankan untuk lebih meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis. Saran untuk peneliti selanjutnya memperluas temuan dengan menambah kajian penemuan yang lebih akurat mengenai kemampuan siswa dalam menulis teks berita.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Oct 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9567 |
Actions (login required)
View Item |