Kemampuan menulis laporan kegiatan siswa kelas VIII-G SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2013/2014 / Yomima Nensi Imlawel - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan menulis laporan kegiatan siswa kelas VIII-G SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2013/2014 / Yomima Nensi Imlawel

Imlawel, Yomima Nensi (2014) Kemampuan menulis laporan kegiatan siswa kelas VIII-G SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2013/2014 / Yomima Nensi Imlawel. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Imlawel Nensi Yomima. 2014. Kemampuan Menulis Laporan Kegiatan Siswa Kelas VIII-G SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Bahasa Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hs Widodo M.Pd. Kata Kunci kemampuan menulis laporan kegiatan Menulis sebagai salah satu bentuk komunikasi verbal (bahasa) dapat didefinisikan sebagai suatu kegiatan penyampaian pesan dengan menggunakan tulisan sebagai mediumnya. Pesan adalah isi atau muatan yang terkandung dalam suatu tulisan. Adapun tulisan merupakan sebuah sistem komunikasi antarmanusia yang menggunakan simbol atau lambang bahasa yang dapat dilihat dan disepakati pemakainya. Selanjutnya Akhadiah Arsjad dan Ridwan (1988 3) juga mengemukakan bahwa di dalam komunikasi tertulis terdapat empat unsur yang terlibat. Keempat unsur itu adalah (a) penulis sebagai penyampai pesan (b) pesan atau isi tulisan (c) saluran atau medium tulisan dan (d) pembaca sebagai penerima pesan. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis laporan kegiatan dilihat dari aspek bahasa aspek format dan aspek kelengkapan isi. Metodologi penelitian ini yakni penelitian deskriptif kuantitatif. Data penelitian ini berupa skor yang diperoleh dari kemampuan siswa dalam menulis laporan kegiatan siswa kelas VIII-G SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Instrumen penelitian ini berupa tes dan rubrik penelitian menulis. Penyekoran dilakukan dengan metode analitik yakni dengan memberikan skor terhadap aspek-aspek yang akan diteliti. Setelah penyekoran selesai dilakukan penilaian peraspek berdasarkan pedoman penilaian yang telah ditentukan. Analisis data dilakukan setelah semua data terkumpul dengan langkah-langkah berikut (1) persiapan dan (2) pentabulasi. Hasil analisis penelitian kemampuan menulis laporan kegiatan siswa kelas VIII-G SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang dilihat dari aspek bahasa dinyatakan bahwa sebanyak 20 siswa (100%) mendapatkan kualifikasi sangat mampu. Artinya sebanyak 20 siswa mendapat nilai di atas SKM. Kemampuan siswa menulis laporan kegiatan dilihat dari aspek bahasa sebanyak 7 siswa (35%) mendapatkan kualifikasi sangat mampu 13 siswa (65%) mendapatkan kualifikasi mampu. Pada aspek format ditemukan juga sebanyak 20 siswa (100%) mendapat nilai di atas SKM yakni 15 siswa (75%) berada pada kualifikasi sangat mampu dan sebanyak 5 siswa (25%) berada pada kualifikasi mampu. Aspek kelengkapan isi sebanyak 15 siswa (75%) mendapatkan kualifikasi sangat mampu sebanyak 5 siswa (25%) berada pada kualifikasi mampu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9566

Actions (login required)

View Item View Item